Tuesday, April 16, 2013

YENNI BATAL GABUNG DG PARTAI DEMOKRAT , TANYA KENAPA?

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
Selasa, 16 April 2013 10:58 wib
 
JAKARTA- Ketua Umum Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid batal bergabung ke Partai Demokrat. Menurut puteri Deklarator PKB, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, alasannya batal bergabung dengan partai berlambang bintang mercy, karena masukan dan saran  dari para sesepuh dan ulama serta masyarakat luas.

Menurut pengamat politik AS Hikam, batalnya Yenny bergabung ke Demokrat tentunya telah melalui sejumlah pertimbangan yang sangat matang. “Yenny tentunya memiliki kalkulasi, apakah dengan masuk ke partai Demokrat, karir politiknya lebih bagus atau tidak. Tapi jika dilihat, ketika dia baru dikabarkan masuk ke Demokrat, ternyata respon pendukungnya memang cenderung negatif, dan kalau berdasarkan kalkulasi dia mungkin lebih menguntungkan, dan masuk akal batal ke Demokrat,” kata Hikam kepada Okezone, Selasa (16/4/2013).

Selain itu, menurut Hikam , alasan Yenny membatalkan rencana bergabung ke Demokrat karena telah berkonsultasi dengan sesepuh, kiai, ulama dan pendukung Gus Dur sangat mempengaruhi keputusan Yenny.

“Sebagian pendukung Gus Dur punya sentimen negatif kepada partai Demokrat, karena Partai Demokrat dianggap cawe-cawe dalam kisruh PKB dulu,” kata Hikam.

Hikam menegaskan,  memang hingga saat ini belum bisa dibuktikan, adanya campur tangan partai Demokrat dalam kisruh PKB beberapa tahun silam. Namun, sebagian pendukung Gus Dur beranggapan partai Demokrat ikut terlibat dalam perpecahan PKB. “Tapi itu kecurigaan politik, bukan poin utama, dan memang harus dibuktikan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hikam mengatakan, dibandingkan bergabung dengan Demokrat, Yenny lebih baik menjadi aktivis dan berada di luar partai politik. “Yenny memiliki ruang manuver dan memiliki potensi,” katanya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS