Sunday, October 21, 2012

OKEZON.COM: "PKB KENA HUKUM KARMA?"

JAKARTA - Pengamat Politik, AS Hikam memprediksi dari sederer partai yang berbasi Islam, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kemungkinan tidak akan bisa mencapai Parlementary Threshold (PT) 3,5 persen. Perkiraan tersebut muncul jika malihat perkembangan PKB sejak 1999 lalu.

"Karena tren yang ada dari 1999 turun, di 2004 turun lagi, di 2005 tinggal lima persen. Jadi kemungkinan akan turun lagi akan sangat besar," kata dia kepada Okezone, Sabtu (20/10/2012) malam.

Ada berbagai alasan jika suara PKB terus tergerus. Namun, yang sangat terasa adalah saat Ketua Umum, Muhaimin Iskandar melakukan upaya untuk menjatuhkan Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur.

"Bagaimana pun juga pengikut yang fanatik dengan PKB itu melihat bagaimana Muhaimin melakukan upaya menjatuhkan Gus Dur, Itu upaya yang sangat serius," ungkapnya.

Isu korupsi yang kerap dikaitkan dengan Muhaimin Iskandar juga menjadi penyebab turunnya suara PKB. Meski tudingan itu belum terbukti. "Muhaimin itu mempercepat akselerasi kemerosotan itu," terangnya.

Penyebab lainnya yakni buruknya regenerasi di tubuh partai. PKB juga tidak melakukan pembaharuan-pembaharuan. Sementara, pangsa pasar PKB telah banyak direbut oleh partai lain seperti PKNU, PAN, Golkar bahkan NasDem.

"Pangsa pasar mereka tidak ada satu perubahan yang menjanjikan baik bagi pemilih tradisional apalagi bagi pemilih pemula. PKB tidak melakukan apapun," ungkapnya.

Hikam menyarankan supaya ada perbaikan suara bagi partai yang berbasi Islam agar menunjukkan kinerja positif dan lebih membuka diri. Artinya tidak lagi menunjukkan sebagai partai yang eksklusif. "Karena partai yang eksklusif itu tidak laku di Indonesia," ujarnya.

Kata dia, program-program pro rakyat sangat penting untuk meraih simpati masyarakat. "Rekutmen pemimpinnya itu yang memang mempunyai kecakapan manajemen politik. Jangan yang tidak mempunyai pengaruh politik," terangnya.
(trk)

http://news.okezone.com/read/2012/10/21/339/706963/pkb-kena-hukum-karma
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS