Saturday, February 16, 2013

AS HIKAM: JURUS PERLAWANAN ANAS YANG AMAN

Cari Aman, Ini Jurus yang Dimainkan Anas

Fiddy Anggriawan - Okezone
Sabtu, 16 Februari 2013 08:05 wib
Anas Urbaningrum
Anas Urbaningrum
JAKARTA- Meskipun peran Katua Umum Partai Demokrat Anas Urbangingrum sudah dilucuti Majelis Tinggi yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun Anas masih dalam posisi aman. Kenapa?

"Ada kesan Anas dicukur habis karir politiknya oleh orang-orang di partainya sendiri. Sementara, Anas hanya diam dan tidak melawan secara frontal. Perlawanannya cenderung lunak. Hanya dengan cara itu dia bisa survive," ungkap pengamat politik AS Hikam saat dihubungi Okezone, Jumat 15 Februari malam.

Menurut Hikam, perlawanan yang dilakukan Anas sudah tepat. Pasalnya, Anas berada dalam kultur politik yang menjunjung perintah bos. "Istilahnya, patrimonial politik, dengan cara tersebut dia bisa bertahan," sambungnya.

Hikam meyakini, ada dua kubu yang beradu kuat di internal Partai Demokrat, yakni antara kubu Anas dengan kubu SBY. Menurutnya, SBY memiliki kekuatan pada karisma yang tinggi dan finansial besar.

"Meskipun Anas juga memiliki pendukung yang loyal, tapi ketika melawan dengan cara frontal maka dia akan abis," jelas Mantan Menteri Riset dan Teknologi tersebut.

Hikam menyarankan, Anas jangan terlalu sering turun ke bawah. Sebab, ketika Anas datang ke DPC atau DPD, justru akan menimbulkan kesan melakukan perlawanan secara frontal. "Kewenangannya kan sudah dilucuti oleh SBY melalui 8 poin penyelamatan Partai Demokrat. Jadi, semua kendali partai di tangan Majelis Tinggi bukan di Anas lagi," ujarnya.

Hikam menambahkan, Februari ini merupakan batas waktu untuk menyelesaikan masalah internal Partai Demokrat.

"Kalau ini molor sampai pertengahan 2013, maka Demokrat akan tamat," tutupnya.


(tbn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS