Wednesday, June 12, 2013

PAK SBY SUDAH TEKEN SURAT "PHK" UNTUK PKS?

Spekulasi politik terakhir menyebut bahwa Presiden SBY sudah menandatangani surat "pemecatan" terhadap PKS dari koalisi yang tergabung dalam Setgab. Setidaknya, fungsionaris DPP PKS dan anggota Komisi I DPR-RI, Mahfudz Sidsiq (MS), mengatakan bahwa pihaknya sedang "menunggu" surat tersebut. Baru setelah mendapat surat pemecatan tsb PKS akan memberikan reaksi . "Kami baca dulu isinya karena kan selama ini di internal Partai Demokrat dan Istana satu sama lain sering beda," ujar Mahfudz.

Jika spekulasi ini nanti terbukti, maka PD berarti melakukan sebuah langkah politik yang sangat beresiko, namun jika bisa dikapitalisasi dengan baik, bisa mendongkrak citranya yg sedang melorot. Sementara itu, PKS akan menggunakan momen tsb untuk mendongkrak citranya sebagai parpol yang didzolimi dan mengambil jarak (baca= oposisi) terhadap Pemerintah SBY. Tak pelak lagi, akan muncul kegaduhan baru dalam panggung politik Indonesia sebelum Pemilu 2014 yang berasal dari konflik antara PD vs PKS.

Bagaimana dengan parpol anggota Setgab yang lain, seperti Golkar, PAN, PPP, dan PKB? Secara strategis mereka akan dengan senang hati menyaksikan dan kalu bisa ikut mengompori pertarungan antara PD vs PKS. Sudah barang tentu salah satu implikasi dari pertarungan tsb adalah potensi hilangnya dukungan dari masyarakat. Dalam hal ini kemungkinan PD semakin asor akan lebih tinggi, karena PKS memiliki pendukung yang cenderung lebih "diehard" dan militan. Namun semuanya tentu tergantung sampai di mana kedua parpol itu melakukan kampanye di lapangan termasuk menggunakan pengaruh media, baik yang biasa maupun jejaring sosial. Walhasil, parpol seperti Golkar akan menangguk keuntungan dari pindahnya pendukung PD, sedang parpol-2 Islam hanya menunggu kalau-2 ada pendukung PKS yang mencari perahu lain. Tetapi yang terakhir ini tentu tidak segampang yang dibayangkan.




Selanjutnya baca tautan ini:

 http://polhukam.rmol.co/read/2013/06/12/114234/PKS-Menantikan-Surat-Pemecatan-yang-Sudah-Diteken-SBY-


Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS