Friday, August 30, 2013

AS HIKAM: AUDISI ALA PD HANYA AKAN HASILKAN CAPRES KELAS II ATAU III

Pengamat: Konvensi Demokrat Hasilkan Capres Kelas 3

Jum'at, 30 Agustus 2013 07:33 wib
Tri Kurniawan - Okezone
Pramono Edhie saat hadir di prakonvensi (foto: Heru Haryono)
JAKARTA - Sejumlah tokoh menyatakan kesediannya untuk ikut konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. Pengamat politik AS Hikam mengatakan, capres hasil konvensi Partai Demokrat tidak akan bisa bersaing dengan calon lainnya.

"Hasilnya capres kelas dua atau kelas tiga. Yang kelas satu itu Jusuf Kalla, Mahfud MD atau Jokowi," kata Hikam kepada Okezone, Kamis (29/8/2013).

Menurutnya, upaya Demokrat mencari tokoh terbaik untuk menjadi capres apalagi yang sanggup mengimbangi Joko Widodo (Jokowi) akan sia-sia. "Itu cuma buang-buang waktu saja karena hasilnya pemimpin kelas dua atau kelas tiga tadi," terangnya.

Dia menilai, calon pemimpin yang hasil konvensi Demokrat hanya pantas menjadi calon wakil presiden. "Anies Baswedan sekali pun sah-sah saja kalau Demokrat menjagokan debat dengan Jokowi, tapi itu percuma," ungkapnya.

Hikam tidak yakin jika Demokrat mampu mengusung calon presiden tanpa koalisi dengan partai lain, menginggat citranya yang saat ini sedang terpuruk. Bisa meraih posisi tiga atau empat pun saat pemilihan legislatif sudah baik bagi Demokrat.

"Jujur saja sama publik jika yang ikut konvensi hanya untuk calon wakil presiden. Kalau dipaksakan (calon presiden) ya silakan saja, tapi akan sulit," terangnya.

Tokoh yang sudah siap ikut konvensi yakni Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto, Ketua DPR Marzuki Alie, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo.

Ada juga Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Ketua DPD Irman Gusman, Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, dan anggota DPR Hayono Isman.

Sedangkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, CEO Lion Air Rusdi Kirana dan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih menolak undangan Komite Konvensi. (trk)
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS