Tuesday, December 9, 2014

SATU LAGI AKSI NYATA DARI BU SUSI

Barangkali, diantara sekian banyak Menteri Kabinet Kerja yg paling banyak disorot publik adalah Menteri Kelautan dan perikanan (KKP), Susi Pudjiastiti (SP) atau Bu Susi. Sejak berkiprah di Kabinet di bawah Presiden Jokowi itu, hampir tiada hari tanpa berita mengenai sosok yang satu ini dan berbagai kebijakanan yang dibuatnya. Mulai dari gagasan dan pelaksanaan penenggelaman kapal-2 pencuri ikan dan pelaku kejahatan di laut lainnya, sampai yg terakhir ini pembentukan Satuan Tugas (Satgas) "anti-illegal fishing". Publik cenderung mendukung berbagai langkah Bu Susi, kendati ada juga yang mengkritik dan bahkan menjonru perempuan asal Pangandaran itu. Untuk sementara, publik masih berpihak pada Bu Susi karena ada berbagai hasil yang secara kongkrit bisa dibuktikan dan memberikan harapan kepada masyarakat, khususnya meeka yang terkait denga kelatuan.

Satgas Anti Illegal-Fishing (AIF) ini pun tentu diharapkan makin mendongkrak keberhasilan beliau dalam mengurangi kerugian negara dan rakyat Indonesia akibat tindakan-2 illegal di perairan RI. Bukan saja kerugian karena penangkapan ikan melawan hukum, tetapi lebih dari itu. Bu Susi mengatakan bahwa  aktivitas di pelabuhan hingga pasar lelang karena praktik transhipment--pemindahan muatan di tengah laut--yang selama ini dibiarkan adalah akibat dari berhentinya pembangunan karena praktik-2 ilegal yg merupakan kelanjutan dari penangkapan ikan ilegal. Bahkan, hal tsb bisa merembet pada terancamnya kekayaan alam Indonesia berupa biota laut yang punah karena praktik illegal seperti itu.

Dibentuknya AIF merupakan potensi sekaligus tantang bagi upaya memerangi illegal fishing dan berbagai tindak pidana terkait. Keseriusan Bu Susi dan tindakan kongkrit beliau adalah jamina paling penting apakah AIF akan berbeda dengan berbagai Satgas yang sudah ada di lembaga-lembaga negara lainnya yg acapkali hanya tinggal nama tetapi tak efektif debgan berjalannya sang waktu. Masalah kelautan sudah menjadi salah satu prioritas dari Presiden Jokowi, dan Bu Susi telah ditahbiskan menjadi salah satu ujung tombak bagi keberhasilannya. Kita dukung upaya-2 seperti ini, dan kita harapkan hasil-2nya bisa memulihkan kejayaan RI di laut yang merupakan serambi dan halaman depan wilayahnya. Bravo Bu Susi!!


Simak tautan ini:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/12/09/073111826/Satgas.Anti-Illegal.Fishing.Satu.Lagi.Langkah.Menteri.Susi.untuk.Tekan.Kerugian.Negara?utm_campaign=related_left&utm_medium=bp&utm_source=news 
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS