Friday, January 2, 2015

ADA JABATAN BARU DI ISTANA, KEPALA STAF KEPRESIDENAN

Ada jabatan baru di lingkungan Istana, yaitu Kepala Staf Kepresidenan (Kastafpres) yg untuk pertama kalinya dipegang oleh Letjen TNI (Pur) Luhut Panjaitan (LP). Jabatan ini kelihatannya meniru model Gedung Putih (White House) yaitu Chief of Staff (CoS) yang bertugas antara lain mengawasi dan mengontrol para staf kepresidenan, arus informasi kepresidenan, dan negosiasi dengan Senat serta Konggres. Di Indonesia, Kastafpres tampaknya menjadi semacam manajer informasi utama (Chief of Information Officer, CIO) bagi Presiden, yg tugasnya : 1) menyampaikan informasi strategis kepada Presiden; 2) membantu Presiden untuk merancang komunikasi antar lembaga dan kepada publik; dan 3) membantu Presiden dalam mengidentifikasi isu strategis.

Dengan tupoksi seperti itu, secara teoretis LP memegang posisi kunci dan strategis di dlm pemerintahan Presiden Jokowi. Bahkan mungkin lebih penting ketimbang Sekretaris Negara dan Sekretaris Kabinet, kendati dua yang terakhir itu memiliki sejarah yang lebih lama dan birokrasi yang lebih ekstensif. Apakah dalam kenyataan akan demikian nantinya? Tentu kita belum tahu. Namun menurut Prof. Yusril Ihza Mahendra (YIM), yg pernah menjadi Sesmeneg pada masa Presiden SBY, Kastafpres itu tidak diperlukan. Alasan beliau, Sesmeneg sudah cukup dan sama fungsinya dengan Kastafpres. Bahkan adanya Sesmeneg dan Seskab saja sudah berpotensi tumpang tindih, apalagi ditambah Kastafpres. (http://politik.rmol.co/read/2014/12/31/185228/Kata-Yusril,-Kepala-Staf-Kepresidenan-Tidak-Perlu-Ada-).

Benarkah pandangan YIM, ataukah memang CIO sudah merupakan keniscayaan dalam Pemeritahan Presiden Jokowi? Kita harus melihat kinerja dan kiprahnya Pak LP ke depan. Beliau adalah sosok yang berpengalaman di bidang politik,  pemerintahan, kemiliteran, maupun bisnis, sehingga patut mendapat kepercayaan dan tugas berat itu. Selamat Bekerja, Pak Luhut!!

Simak tautan ini:

 http://politik.rmol.co/read/2014/12/31/185204/Ternyata,-Inilah-Tugas-Resmi-Luhut-Panjaitan-
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS