Friday, January 16, 2015

PERTARUHAN PRESIDEN JOKOWI SOAL BUDI GUNAWAN

Mengapa Presiden Jokowi (PJ) harus ekstra hati2 dlm memutuskan 'nasib' pencalonan BG pasca sidang paripurna DPR? Saya melihatnya ada bbrp alasan strategis dan taktis. PERTAMA, hubungan antara beliau dengan Megawati dan PDIP. Ini bisa taktis, tetapi juga strtaegis. Taktis jika PJ telah menyiapkan cakapolri lain yg juga bisa diterima kedua pendukung politik utama beliau. Dan ini tak terlalu sulit karena masih ada bbrp nama yg bisa diberikan oleh PJ kendati mungkin tdk seideal BG dlm kaitan psikplogis dg Mega dan PDIP.
Ini juga soal strategis bg PJ, sebab kalaupun pengganti BG diterima, masih ada persoalan hubungan jangka panjang antara beliau dg PDIP. Termasuk bgmn sikap politik partai tsb di DPR setelah konflik ini selesai. Apkh soliditas internal PDIP di Senayan bs dijamin dan apa dampaknya thd koalisi Indonesia Hebat (KIH).

KEDUA, terkait dg soliditas Kabinet Kerja (KK) dan mesin kerjanya pasca keputusan calapolri nanti. Ini juga taktis tetapi juga bisa strategis. Semua orang tahu bhwa di antara para anggota KK ada bbrp political appointees. Ini juga bisa menciptakan relasi kerja yg kurang selaras pd jangka pendek manakala parpol pendukung kurang happy dg PJ.
KETIGA, bgmn PJ akan menghadapi reaksi publik di dlm negeri dan juga sampai tk tertentu di tingkat internasional. Secara taktis, opini publik yg buruk akan menghambat kinerja PJ yg sebelumnya sangat didukung publik. Demikian oula marwah PJ yg sudah mendapat tempat penting dlm opini internasional. Akan sangat riskan jika Pemerintahan PJ selalu terombang ambing oleh apa yg muncul dlm opini publik yg negatif. Apalagi jika PJ berniat utk tampul lagi stlh 2019. Jelas bhw mempertahankan raport yg bagus di mata publik adlh salah satu faktor penting.

KEEMPAT, reputasi dan kewibawaan PJ sebagai pemimpin. Ini jelas mslh strategis dan bahkan historis. Mau dikenal dan dikenang sebahai apa PJ di dalam kehidupan bangsa dan negara serta sejarah nanti? Ini hanya bisa dijawab oleh PJ pribadi dan tdk bisa dinegosiasikan. Inilah yg saya sebut dg sebuah momen penentuan dan kebenaran yg dihadapi dan hrs dibuktikan segera. Kendati ini sangat subyektif tetapi dampaknya akan samgat besar di masa depan, baik bagi bangsa maupun negara Republik Indonesia.

Keputusan PJ ttg BG akan meripakan sebuah "watershed" bagi beliau pribadi, kepresidenannya, pemerintahannya, dan tempat beliau dlm sejarah bangsa dan negara.

Simak tautan ini:

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150115180829-20-24994/jokowi-gelar-pertemuan-tertutup-terkait-budi-gunawan/

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS