Wednesday, February 18, 2015

PRESIDEN JOKOWI AKHIRNYA TAK MELANTIK KOMJEN BUDI GUNAWAN!!

Beberapa waktu lalu, diumumkan bahwa Badrodin Haiti (BH) akhirnya ditunjuk sebagai cakapolri baru oleh Presiden Jokowi (PJ). Inilah keputusan yg akhirnya diambil pasca pra peradilan Budi Gunawan (BG). Saya kira, inilah solusi yg paling maksimum yg bisa ditemukan PJ ditengah2 kian kuatnya tekanan thd diri beliau dari para politisi dan masyarakat sipil. Pada saat sama PJ mengeluarkan Kerpres pemberhentian sementara Abrham Samad (AS) dan Bambang Wijoyanto (BW) sebagai pimpinan KPK. Selanjutnya PJ juga mengeluarkan Kepres mengangkat 3 orang anggota KPK yg baru serta anggota pengganti AS dan BW.

Keputusan tdk melantik BG dan mencalonkan BH sbg cakapolri ini hemat saya cukup baik, walaupun tentu masih akan ada penolakan dr sementara pihak dlm masyarakat sipil. Ini karena BH juga memiliki catatan terkait rekening gendut. Tetapi BH jelas lebih diterima oleh elit politik dan Parlemen. Dan resistensi masyarakat sipil juga tdk sebesar BH. Dg demikian persetujuan DPR akan relatif mulus dan kalau ada suara kritis dr publik masih bisa dikontrol.

PJ cukup berhasil menghindari kemelut yg berkepanjangan yg dapat menggerus kepercayaan publik dan para pendukungnya. Saya menganggap beliau tekah mampu membuktikan dirinya bukan sekedar petugas partai tetapi seorang pemimpin yg memiliki kemandirian. Tidak ada yg sempurna dlm pilihan2 politik tetapi inilah yg saya kira pilihan maksimal yg perlu diapresiasi.

SELAMAT PAK PRESIDEN!

Simak tautan ini:
http://www.tempo.co/read/news/2015/02/18/078643545/Jokowi-Calonkan-Badrodin-Haiti-Jadi-Kapolri-Baru

 
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS