Tuesday, January 24, 2017

PERINGATAN HAUL KE VII GUS DUR (2009-2017)




Alhamdulillah, peringatan Haul ke VII Almaghfurlah KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) telah terlaksana dan berjalan dengan lancar sesuai rencana pada hari Minggu 22 Januari 2017 di rumah saya, Jl. Lamtoro 71-2, Pamulang Timur. Meskipun tertunda, tetapi seperti tahun-2 sebelumnya, acara sederhana yang dihadiri para tetangga, para sahabat (termasuk beberapa sahabat FBers), dan undangan lain ini tetap semarak. Sekitar 150-an orang yang hadir, plus anak-2 tentunya. Tahun ini Haul menggelar tema "Mewaspadai Radikalisme Di Sekitar Kita", dengan menghadirkan DR. Zastrouw Al-Ngatawi utk memberi tausiah kepada hadirin, khususnya para pemuda dan remaja yang diundang sebagai tamu istimewa.

Dr. Zastrouw adalah sosok Gusdurian yang bukan saja sangat dekat dengan Almaghfurlah GD, tetapi juga orang yang mumpuni sebagai akademisi, aktivis, seniman, dan pernah menjadi Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi), salah satu onderbouw NU. Dengan gayanya yang khas, membumi dan penuh dengan humor, beliau memberikan pencerahan dan sekaligus berbagai kiat bagaimana mendeteksi radikalisme yg berkedok agama. Beliau juga menunjukkan bagaimana tradisi kaum nahdliyyin di Indonesia yang disublimasi dari ajaran-2 keislaman, mampu utk menjawab tantangan dinamika masyarakat dan bangsa, termasuk menghadapi pengaruh dan ancaman yg ditimbulkan gagasan, pemikiran, dan gerakan Islam garis keras dewasa ini dalam komunitas Islam.

Acara Haul ini seperti biasa diawali dengan pembacaan Surah Yasin, Tahlil, dan doa bersama, dan, setelah tausiah, diakhiri dengan makan bersama. Sebuah tradisi kaum nahdliyyin yang merefleksikan sinergi antara nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan utk menjaga harmoni dan solidaritas sosial.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS