Sunday, July 16, 2017

LOGIKA PENTHOL KOREK: "NEWSPEAK" ALA INDONESIA


Pengantar:

Beberapa saat lalu saya dikirimi tulisan lewat WA di bawah ini. Hemat saya tulisan ini sangat menarik dan, tentu saja, mengundang senyum, sehingga perlu saya posting stlh saya edit sedikit. Aslinya tulisan ini adalah posting dari TL Muhammad Zazuli (https://www.facebook.com/mohammad.zazuli?)

Tulisan ini adalah apa yang disebut George Orwell dengan 'omongan baru' atau "newspeak", yang sekarang sedang trendy dalam wacana politik terutama di medsos. Istilah "logika pentol korek" diartikan sebagai logika nir-nalar alias dan terkesan asal njeplak. Namun di era 'post-truth politics' seperti sekarang, "omongan baru" sangat ampuh untuk menciptakan opini dan membuat nalar menjadi mati rasa (numbing). Dan karenanya propaganda penthol korek pun kemudian menyebar cepat atau viral.

=================================

1. Jika mengkritik golongan lain namanya "menyampaikan kebenaran". Tapi jika golongan lain mengkritik kita namanya "penistaan".

2. Jika kita menuntut orang lain dihukum namanya "jihad konstitusional". Tapi jika kita dituntut untuk dihukum karena pelanggaran namanya " kriminalisasi".

3. Jika ada prestasi dari Pemerintah itu namanya "pencitraan". Tapi jika kita menista/ nyinyir sama pemerintah itu namanya "kritik".

4. Jika ada kasus terorisme itu namanya "rekayasa" atau "pengalihan isu". Tapi jika ada teroris ditembak itu namanya "pelanggaran HAM".

5. Demokrasi itu haram, karena "sistem kafir dan thoghut." Tapi kalo ada upaya pembubaran ormas radikal, itu namanya "kemunduran demokrasi".

6. Jika ada saingan politik yang beda agama itu namanya "kafir dan haram." Tapi kalo ada orang beda agama yang ngasih uang itu namanya "sahabat sejati yang harus dibela."

7. Menerima keputusan hukum dengan ksatria meski belum tentu salah itu namanya "kutil babi". Minggat, kabur, lari dari proses hukum, dan dinyatakan menjadi buronan itu namanya "hijrah".

Demikian dan semoga kita lekas sembuh.

Salam Koplak

Catatan:

 Filosofi Penthol Korek : "ada kepalanya, ga ada otaknya, digesek langsung nyala....."
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS