Tuesday, August 29, 2017

KIAT SEDERHANA AGAR PANJANG UMUR & SEHAT JIWA RAGA

"Wong urip neng alam donya niki janji mboten pekok, pikiran digawe encer, senajan ra duwe ya bisa nyandhang, bisa madhang, bisa netepi kelumrahan. Ning nek wong pekok kancane setan. Nek mboten pekok setan ra doyan,

(Mbah Parni, perempuan asal Kulon Progo, konon berusia 117 th).

Terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia:

"Orang hidup di dunia ini asal tidak totol, pikiran tetap encer, meskipun tidak punya (harta) ya tetap bisa berpakaian, bisa makan, bisa mengikuti kelumrahan hidup. Namun kalau tolol akan menjadi teman setan. Kalau tidak tolol, setan tak berani mendekat."

Kebijaksanaan bisa muncul dari mana pun, dari seorang termasuk mBah Suparni (117 th), perempuan bersahaja asal desa Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo. Beliau memberikan kiat agar hidup sehat jiwa dan raga serta diberkahi dengan usia panjang dan kebahagiaan meski dalam kesederhanaan.

Menurut beliau, kuncinya adalah "jangan menjkadi bodoh alias "pekok". Sebab kebodohan atau "kepekokan" bukan saja bisa membahayakan kesehatan mental, tetapi juga kesehatan jasmani kita. Kepekokan bukan hanya urusan otak dan nalar saja, tetapi juga perkara batin dan mental. Salah satu indikasi kepekokan, menurut mbah Parni, adalah sikap menolak menjalankan kewajiban sebagai manusia, yaitu bekerja keras.

Jika "kepekokan" itu  meruyak ke dalam jiwa, maka akan memengaruhi dan terwujud pada karakter seseorang. Misalnya menjadi serakah dan ambisius namun tidak diiringi oleh etos bekerja keras untuk meraihnya. Akibatnya adalah kehidupan yg penuh dengan kegelisahan, kekhawatiran, dan dorongan untuk "menerabas."

Silakan simak tautan ini:

1. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3551718/nasihat-mbah-suparni-dari-kulon-progo-ojo-pekok
2. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3551896/kearifan-wong-ndeso-dari-mbah-suparni-hidup-tak-mencari-kekayaan
3. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3552183/kata-mbah-suparni-saat-ini-banyak-yang-merasa-paling-benar
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS