Thursday, June 28, 2018

ANATOMI DUKUNGAN ULAMA DALAM PILKADA JABAR

Menurut hasil hitung cepat  (quick count) dari lembaga-lembaga kredibel, dalam Pilkada Jabar, paslon No. 3, Sudrajat dan Syaikhu (ASYIK), kalah dengan paslon No. 1, Ridwan Kamil dan Uu Ruzanul Ulum (RINDU). Padahal paslon 3 didukung (atau setidaknya diklaim didukung) oleh para Ulama kondang seperti Aa Gym, Arifin Ilham, dan bahkan Abdul Somad (lihat foto kampanye yg saya tautkan).

Mengapa?

Jangan-jangan kampanye para Ulama itu kurang efektif, karena:

1) Mereka sendiri jarang menjadi pendengar ceramah dan/atau khotbah, karena selalu menjadi pengkhotbah, penceramah, pemberi nasehat dll. Jadi kurang info apa yg dimaui rakyat dan ummat.

2) Mereka tak sering menyumbang tetapi sering disumbang oleh ummat. Karenanya kepekaan sosial bisa saja kurang kuat.

3) Mereka terlalu terkenal dan sibuk dengan kalngan elit, sehingga tidak paham atau kurang bersentuhan dengan realitas sebenarnya di kalangan kaum miskin di Jabar.

4) Mereka adalah para ulama metropolit dan nasional, serta internasional, padahal yang langsung bergaul dengan rakyat dalam kehidupan keseharian di kampung dan desa adalah para Kyai dan Ajeungan lokal yang mendukung paslon lain seperti paslon no 1. Jumlah Kyai kampung lebih besar walaupun tidak punya nama nasional atau sering nongol di media cetak, elektronik, dan medsos.

Dunia berubah. Rakyat dan/atau ummat juga membaca dan mendengar serta memantau apa yang terjadi pada kalangan pemimpin termasuk para Ulama. Kalau Ulama tidak dipersepsikan bersama dan memiliki empati terhadap rakyat dan/ atau ummat yang miskin dan tertindas, mereka bisa saja beken tetapi tak diikuti omongannya.

Apa yang terjadi di Jabar sebetulnya merupakan fenomena yang juga terjadi di wilayah-wilayah lain di Nusantara ini, dan bisa jadi juga berlaku bukan hanya di kalangan Islam tetapi tokoh-tkoh agamawan lain. Fenomena adanya gap dalam relasi antara pemimpin agama dengan ummat mereka adalah sesuatu yang perlu mendapat perhatian kita semua sebagai ana bangsa. Dan bukan hanya dalam bidang politik, tetapi nyaris semua bidang.

Simak tautan ini:

https://nasional.kompas.com/read/2018/06/28/13132781/infografik-hasil-akhir-5-quick-count-pilkada-jabar
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS