Saturday, October 27, 2018

SOLIDARITAS KEBANGSAAN & KIRAB LINTAS-AGAMA MELAWAN RADIKALISME


Hari ini, Sabtu (27/10/2018), saya mengisi acara seminar di komunitas Gereja Reformed di Jakarta. Tema yg diminta panitia kpd saya adalah bagaimana membendung radikalisme dan memperkuat solidaritas kebangsaan.

Yang bagi saya menarik adalah usul dari salah seorang peserta seminar agar dibuat suatu kegiatan kirab yang diselenggarakan oleh lintas ummat beragama di seluruh Indonesia. Tujuannya, selain menunjukkan kepada rakyat Indonesia dan dunia bhw kelompok lintas agama Indonesia tetap solid dalam mempertahankan NKRI, juga menunjukkan solidaritas kepada NU yang akhir akhir ini seakan-akan hanya "sendirian" dalam berjuang menolak dan membendung ancaman radikalisme.

Kirab tsb bisa menjadi simbol persatuan ummat lintas-agama dalam menjaga NKRI dan memperkuat elan perjuangan masuarakt sipil Indonesia. Saya kira usul ini perlu dipertimbangkan dam diwujudkan oleh segenap ormas keagamaan dalam berbagai level mulai dari pusat sampai daerah.

Perjuangan menolak radikalisme dan membela NKRI memang harus memakai berbagai cara. Termasuk aksi kirab damai lintas-ummat beragama ini. Saya sebagai warganegara sangat mendukungnya dan menghimbau agar para tokoh dan ornas keagamaan di seluruh Indonesia mewujudkannya. Semoga!
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS