Sunday, November 4, 2018

PENDIDIKAN PENYADARAN & DERADIKALISASI


Salah satu metoda membendung radikalisme & radikalisasi adlh melalui PENDIDIKAN PENYADARAN (conscientization) bagi seluruh warganegara Indonesia. Tujuannya adalah agar warganegara mampu berfikir dan memahami secara mendalam, cermat, dan kritis terhadap kondisi bangsa dan negaranya, khususnya dalam menyikapi berbagai ideologi dan gerakan yang berpotensi membahayakan kelestarian (preservation), dan keberlanjutan (survival) bangsa dan negara.

Pendidikan penyadaran tsb pada gilirannya akan menghasilkan kemampuan warganegara mengetahui secara mendalam, luas, dan kritis thd berbagai ideologi dan gerakan yg secara fundamental bertentangan dg jati diri bangsa, sebagaimana yang termaktub dalam falsafah dan dasar negara Pancasila serta Konstitusi UUD 1945.

Dengan modal kemampuan tersebut warganegara bisa berperan aktif membentengi diri dan lingkungannya dari pengaruh ideologi radikal dan gerakan radikalisasi semenjak dini, baik pada tataran pemikiran, wacana, maupun praksis, dan dilakukan secara pribadi dan/atau kolektif di dalam komunitas2 yg ada dalam masyarakat.

Pendidikan penyadaran tak terbatas pada lembaga pendidikan formal, tetapi juga informal dan nonformal. Jika pendidikan penyadaran ini berlangsung massif, sistematis, dan berkesinambungan, Insya Allah, bangsa dan NKRI akan terhindar dari penetrasi dan infiltrasi radikalisme dan radikalisasi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS