Monday, January 6, 2020

BERAGAMA ITU JANGAN "PETHENTHENGAN"

Tausiah Gus Mus di acara Haul ke 10 Almaghfurlah Gus Dur (28/12/2019) sangat "JOSS" & "MAK JLEB" menurut saya. Beliau mengritik keras, tapi tetap dengan humor, perilaku beragama dari sebagian kaum Muslimin yang angkuh, ngotot, menakutkan. Sikap yang dalam bahasa Jawa disebut dengan "PETHENTHENGAN" itu bertolak belakang dg ajaran Islam yg mengutamakan sikap beragama yg ramah, empatik, santai dan bahagia.

Kalau masih "pethenthengan," membenci liyan sesama manusia, menyesat-nyesatkan sesama Muslim, maka Gus Mus menganjurkan agar orang itu HIJRAH atau pindah dan mencari Kyai beneran. Kyai yg benar- benar Kyai, akan mengajari bagaimana beragama yang ramah, santai, dan penuh keakraban serta persaudaraan baik dengan sesama Muslim maupun dengan liyan.

Gus Mus adalah seorang kampiun dalam memberikan nasihat yang kritis, up to date, tetapi juga membuat pendengarnya tetap bisa tertawa. Top!

Simak video di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=ewMsFTwAHW4&feature=share&fbclid=IwAR08UeU9KeV9uYWK9gkLNx43OmDVKEXdrV_JIUiUyZVXz4U8nTgX3ZBqMWs

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS