Tuesday, June 2, 2020

KERUSUHAN & DEMOKRASI DI AMERIKA

Ada saja pihak-pihak yg sudah dan akan mengatakan bhw kerusuhan yg kini sedang meluas di AS sbg bukti bhw sistem demokrasi tdk bermanfaat dan tak perlu. Padahal kasus tsb adalah buah dari laku lancung & distortif terhadap pelaksanaan sistem tsb, khususnya pengabaian thd HAM dan impunitas thd ketidak adilan sosial, oleh elite politik di negara tsb.

Praktik demokrasi di AS di bawah Presiden Trump kian menjauh dari prinsip "of the people, by the people, and for the people" yg dicanangkan oleh Abraham Lincoln dan para pemimpin demokrasi sebelum dan sesudahnya. Oligarki korporasi-partai politik, dan rasialisme terstruktur malah tumbuh subur dan menggerogoti sendi-sendi demokrasi di negara adidaya tsb.

Demokrasi, kata Winston Churchil, bukanlah sistem yg sempurna. Bahkan demokrasi barangkali adalah sistem pemerintahan modern yang paling jelek "kecuali jika ia dibandingkan dengan sistem-sistem pemerintahan LAIN yg pernah dicoba selama ini." Demokrasi tak bisa hanya dibangun lalu dianggap beres. Ia harus terus dirawat, dilindungi, dijaga, dan dikembangkan. IMHO
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS