Thursday, May 20, 2021

SENATOR BERNIE SANDERS & KECAMAN TERHADAP KEKERASAN ISRAEL DI GAZA, PALESTINA


Simak dengan telinga dan mata hati apa yg disampaikan oleh Senator Bernie Sanders (D-Vermont) pada saat sidang di Senat AS (Video yang saya tautkan di bawah). Sen. Bernie Sanders adalah seorang keturunan Yahudi, keluarga pendatang dari Polandia yg mengungsi ke AS karena Holocaust (genosida Nazi thd bangsa Yahudi di Eropa). Beliau juga seorang politisi terkemuka dari Demokrat, pesaing Biden dalam pencapresan 2020, dan salah seorang lawan paling kuat terhadap mantan Presiden Trump.

Sen. Sanders dengan terang-terangan mengecam dan mengutuk serangan bom pasukan Israel di Gaza dan menuntut gencatan senjata demi kemanusiaan dan anti kekerasan thd Bangsa Palestina sebagai korban terbesar. Bernie memang sangat konsisten dengan posisi tak populer dalam perpolitikan AS ini dengan segala resiko yang harus beliau tanggung: Dituding sebagai orang kiri, dianggap pembenci sesama Yahudi, bahkan anti semitis (LoL!), sosialis, dll.

Sama seperti Noam Chomsky dalam dunia akademi dan aktivisme, Bernie juga dituding sebagai orang Yahudi yg anti Zionis dan karenanya dianggap sebagai a self-hating Jew (seorang Yahudi yg membenci diri sendiri). Tapi orang- orang seperti Bernie, Chomsky, Goldmann, dkk tak hendak menyerah dengan prinsip mereka. Bagi mereka, kemanusiaan, keadilan, dan hak asasi adalah hak semua bangsa: Yahudi, Palestina, Turki, AS, dan sebagainya. Kekerasan bukan pilihan bagi peradaban manusia.

Saya sangat hormat, salut, dan mendukung perjuangan mereka!!

Simak tautan ini:

1. (
https://youtu.be/8Ns4EAOLKZs)
2.
https://www.yahoo.com/news/bernie-sanders-condemns-calls-racist-220803867.html
3.
https://www.independent.co.uk/news/world/americas/us-politics/bernie-sanders-israel-biden-ceasefire-b1848788.html
4.
https://www.newsweek.com/bernie-sanders-progressives-raise-alarms-about-israeli-extremists-amid-violence-against-1589831
5.
https://www.nytimes.com/2021/05/14/opinion/bernie-sanders-israel-palestine-gaza.html
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS