Sunday, February 24, 2013

AS HIKAM: IBAS DIDAPUK (JADI KETUM), PD AKAN (MAKIN) TERPURUK


Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
Minggu, 24 Februari 2013 12:12 wib


Edhie Baskoro Yudhoyono (Foto: Dok. Okezone)
Edhie Baskoro Yudhoyono (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA- Usai Anas Urbaningrum mengundurkan diri dari jabatan ketua umum Partai Demokrat, nama Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) digadang-gadang akan segera menggantikan posisi Anas.

Dikatakan politikus partai Demokrat Ruhut Sitompul, Ibas yang saat ini menjabat sebagai Sekertaris Jenderal sementara waktu kemungkinan besar akan menggantikan Anas yang telah dinonaktifkan tersebut. "Iya besar dong (kesempatan Ibas jadi Plt). Apalagi Mas Ibas sudah sangat kesatria. Dia mengundurkan diri untuk mengembangkan partai. Aku kembalikan ke Majelis Tinggi. Mas Ibas kan juga Majelis Tinggi," kata Ruhut.

Tapi, menurut pengamat Politik AS Hikam, bila Ibas ataupun tokoh sekaliber Wakil Ketua Umum partai Demokrat Max Sopacua menjadi Ketua umum maka justru akan membuat partai berlambang bintang mercy itu terpuruk. "Harusnya orang yang punya kapasitas sebanding dengan Anas, bila Ibas, Max Sopacua, atau Johnny Allen Marbun justru akan menciptakan sentimen publik. Jadi seharusnya yang naik adalah orang yang akan membantu penyelamatan, proses penertiban  di Demokrat,” kata Hikam kepada okezone, Minggu (24/2/2013).

Bila partai Demokrat memilih Ibas, maka bisa jadi, kata AS Hikam, hal itu akan dieksploitasi oleh kubu Anas Urbaningrum. "Saya pikir bila ingin mengambil tokoh dari luar, bisa Pramono Edhie Wibowo dengan catatan beliau harus nonaktif dulu, atau Djoko Suyanto, atau bisa jadi Gita Wirjawan karena beliau disukai SBY," kata mantan Menteri riset dan Teknologi.

Lebih lanjut Hikam mengatakan, langkah terbaik bagi Demokrat adalah segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih pengganti Anas yang benar-benar berkualitas.
(ugo)
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS