Monday, May 5, 2014

MEMILIH PENDAMPING JOKOWI: ANTARA JK DAN MAHFUD

Kendati kans Jusuf Kalla (JK) lebih diunggulkan ketimbang Mahfud MD (MMD) sebagai cawapres Jokowi, saya masih berpandangan bhw MMD tetap lebih lbh baik. Alasan saya sbb:

1) Elektabikitas MMD lbh tinggi di kalangan pemilih muda usia, pemilih pemula, dan kelompok Islam moderat khususnya NU dan Muhammaduyah; 2) Usia yg sejajar dg Gub DKI akan lebih mampu menjaga dinamika; 3) MMD juga bs menjadi daya tarik pemilih luar Jawa khususnya generasi muda; 4) MMD relatif lebih mandiri dari kepentingan bisnis dibanding JK; 5) Chemistry akan lbh mudah dibangun antara Jokowi- MMD ketimbang Jokowi- JK, mengingat pengalaman SBY-JK; dan 6) Kesinambungan suksesi ke depan cenderung lebih terjamin dg MMD.

PDIP dan Jokowi perlu mempertimbangkan faktor2 tsb, sebab kecenderungan pemilih yg belum menentukan dan masih bisa berpindah (swing voters) cukup besar. Setidaknya jangan sampai margin antara pasangan Jokowi dg lawannya terlalu lebar. Karena kemungkinan pilpres berlangsung dua putaran masih ada dan sedapat mungkinn harus dicegah oleh Jokowi.


Simak tautan ini: 





http://m.tempo.co/read/news/2014/05/05/269575389/Calon-Pendamping-Jokowi-Mengarah-ke-JK.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS