Wednesday, May 28, 2014

TOKOH HAM, MARZUKI DARUSMAN, MASUK KUBU GARUDA

Setelah Mahfud MD (MMD), saya kira masuknya Marzuki Darusman (MD) ke kubu Prabowo-Hatta (PH) termasuk fenomenal. Bukan saja karena MD adalah salah satu tokoh senior Golkar, dan mantan Jaksa Agung pada Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, tetapi juga karena seperti MMD, beliau juga pakar hukum dan mantan ketua Komnas HAM. Bahkan, ketika MD menjabat posisi tersebut di masa Orba, lembaga ini mempunyai reputasi bagus baik nasional maupun internasional. Lebih penting lagi, masuknya MD tentu akan dimanfaatkan oleh pasangan PH dalam menghadapi serangan dari lawannya dari sisi HAM. Bukan rajhasia lagi bahwa salah satu kelemahan dari pasangan ini, khususnya capres Prabowo Subianto (PS) adalah dugaan keterlibatannya dalam pelanggaran HAM jelang kejatuhan rezim Suharto.

Kiprah politik MD setelah tidak menjadi anggota DPR-RI mewakili Golkar (2004-2009) memang tak terlalu moncer dan nama beliau jugta tidak sering lagi muncul dlm wacana publik. Namun tak berarti nama dan jejaring serta pengaruh beliau ikut lenyap. Sebagai seorang rapporteur khusus di PBB bidang HAM, maka MD memiliki jejaring internasional yang bisa dimanfaatkan oleh utk menepis tudingan miring thd pasangan PH. Demikian pula reputasi MD yg dikenal correct dan konsisten dalam kiprah pembelaan HAM di Indonesia dan ASEAN, bisa dipakai PH untuk menurunkan kekhawatiran para calon pemilih yang belum memutuskan dukungan (undecideds) thd PH.

Tampaknya, langkah-langkah strategis mobilisasi dukungan yg dibuat PH semakin meluas dan inklusif. Ini harus diperhatikan benar oleh kubu lawan, Jokowi-JK (JJ), karena tren opini publik serta elektabilitas kedua pasangan semakin menunjukkan mengecilnya selisih mereka. Kendati "perang" hasil survei Pilpres belum marak, bisa dikataka bahwa pasangan JJ masih lebih unggul, namun pasangan PH juga makin memperkecil gapnya. Isu-isu kunci yg sering dilontarkan kpd PH, seperti masalah HAM memang terus dikumandangkan, tetapi efektifitasnya menjadi tidak terlalu signifikan jika para tokoh HAM seperti MMD dan MD mendukung PH!. 


Simak tautan ini:

http://semarang.bisnis.com/read/20140527/31/73044/marzuki-darusman-dukung-penuh-prabowo-hatta
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS