Monday, September 15, 2014

SBY (PRIBADI) INGIN PERTAHANKAN PILKADA LANGSUNG

Simak tautan video YouTube wawancara Pak SBY tentang Pilkada langsung. Kendati sempat dianggap masih galau dalam menyikapi polemik di Parlemen mengenai mekanisme pemilihan daerah, antara yg langsung dan lewat DPRD, akhirnya sikap pak SBY pribadi adalah tetap mendukung Pilkada langsung. Beliau mengatakan antara lain "(k)alau kita kembali pada pilihan kita, buah dari reformasi yang kita jalankan selama ini tentunya pilihan kepala daerah langsung itu mesti kita jaga dan pertahankan sebagaimana pula pemilihan presiden secara langsung...". Pak SBY juga mencatat bahwa masih ada berbagai masalah dan pelanggaran dlm Pilkada langsung, seperti politik uang dan kecurangan lainnya.

Bagaimanapun selama sepuluh tahun terakhir, Pilkada langsung adalah termasuk hasil dari Pemerintahan Pak SBY juga. Sehingga tentu akan menjadi ironis jika Partai Demokrat dan Pak SBY kemudian pindah kepada mekanisme Pilkada melalui DPRD. Legacy yang ditinggalkan oleh Pak SBY dalam pembangunan demokrasi salah satunya adalah pemajuan pelaksanaan pemilihan eksekutif di daerah ini.

Bagaimana dengan sikap Partai Demokrat (PD) di DPR? Kita lihat saja, apakah mereka akan memakai rumus "politik itu dinamis" alias "mencla mencle" atau mengikuti Pak SBY...






Simak video YouTube ini:


http://www.youtube.com/watch?v=Fl2H5SUJNy8&list=UUSkzWdSH66rk4r3ezbVFnQQ.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS