Sunday, October 26, 2014

KABINET KERJA 2014-2019 DIUMUMKAN PRESIDEN JOKOWI




Alhamdulillah, Presiden Joko Widodo, sore ini mengumumkan susunan Kabinet Kerja 2014-2019, yg nama-2nya seperti dalam tautan di bawah ini. Seperti yang saya posting dalam TL sebelumnya, Kabinet ini merupakan kompromi maksimal yang bisa dicapai oleh Presiden Jokowi dengan 1). Para elit parpol pendukung utama (PDIP, Nasdem, PKB, dan Hanura) dan parpol yang datang belakangan (PPP); 2). Para sponsor Piplres 2014 yang memenangkan pasangan Jokowi-JK; dan 3) Para relawan, simpatisan, dan publik pada umumnya.

Presiden Jokowi telah melakukan sebuah terobosan penting yg bisa dijadikan konvensi dlm membentuk Kabinet oleh para Presiden selanjutnya, yaitu menggunakan lembaga anti rasuah (KPK dan PPATK) dalam proses seleksi ini. Terobosan ini bisa meningkatkan kepercayaan rakyat kepada Presiden bahwa beliau sangat serius dalam masalah kebersihan para pembantunya dari masalah korupsi. Selain itu Presiden Jokowi juga menunjuk kaum perempuan dalam jumlah terbanyak, yaitu 8 orang Menteri termasuk Menko Pembanguna Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Dan yg penting dalam Kabinet Kerja ini Menteri Luar Negeri dijabat oleh perempuan dan yang pertama kalinya dlm sejarah RI.

Tentu tidak ada gading yang tak retak. Tidak ada ciptaan dan/atau usaha manusia yg sempurna. Karena itu yg perlu dijadikan tolok ukur kualitas Kabinet Kerja (KK) adlh kiprah para Menteri itu di masa yad. Tugas yang berat menantang di hadapan mereka dalam berbagai bidang strategis, seperti pendidikan, SDM, energi, pangan, keamanan nasional, dan kemandirian ekonomi serta kesejahteraan sosial. Selamat bekerja dan semoga sukses...!!

(http://nasional.kompas.com/…/Inilah.Susunan.Kabinet.Kerja.J…).


Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS