Thursday, November 13, 2014

ALHAMDULILLAH, AKHIRNYA AHOK DILANTIK SEBAGAI GUBERNUR DKI

Nalar sehat, kepatuhan terhadap hukum, dan komitmen thd demokrasi konstitusional akhirnya mengalahkan hawa nafsu kebencian primordialisme, pikiran obskurantisme, dan upaya pemaksaan kehendak melalui tirani minoritas dalam pertarungan di pentas politik Jakarta yg telah berlangsung beberapa waktu terakhir ini. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pelaksana tugas Gubernur DKI, besuk akan secara resmi dilantik menjadi Gubernur definitif oleh sidang paripurna DPRD DKI Jakarta. Kendati pihak-2 yang menolak Ahok belum akan menghentikan upaya mereka di hari-hari yang akan datang, tetapi legitimasi secara legal formal dan politik serta moral, posisi sang Gubernur kini semakin kokoh.

Pelantikan Ahok sangat penting artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, bukan hanya di DKI, karena beberapa sebab: 1) Keributan politik yang memiliki potensi mengganggu stabilitas politik di ibu kota dan kerja Pemerintah DKI akhirnya bisa diselesaikan dengan baik, terlepas dari masih adanya pihak-2 yang tidak setuju dengan Ahok ; 2) Peringatan bagi rakyat di seluruh Indonesia bahwa sistem demokrasi yang sedang berjalan di negeri ini masih tetap rentan thd ancaman yg datang dari ideologi dan kiprah primordialisme; 3) Kasus Ahok ini bisa menjadi contoh bagi daerah-2 lain bagaimana menghadapi kelompok pengguna kekerasan dg cara demokratis dan menggunakan aturan hukum yg berlaku; 4) Ketegasan dan keberanian pemimpin sebagaimana ditunjukkan oleh Ahok dlm menghadapi para penentangnya patut diteladani; dan 5) Kasus ini juga menjadi pelajaran bagi Pemerintah baru dibawah Presiden Jokowi bahwa ancaman primordialisme sangat nyata bagi keamanan nasional dan memerlukan penyikapan yg tepat dan tegas.

Demokrasi yang sedang dipraktikkan sesuai Konstitusi saat ini memang sedang menghadapi berbagai ujian, baik di ranah masyarakat politik maupun di dalam masyarakat sipil. Kemelut di DPR-RI pasca Pilpres yg sampai hari ini belum juga tuntas dan kasus Gubernur Ahok di Jakarta adalah dua contoh paling anyar dan disaksikan oleh seluruh anak negeri. Kita sebagai warga negara yang bertanggungjawab harus ikut mendukung semua upaya yang bertujuan mencari jalan keluar bagi kemelut tersebut, sesuai dengan kapasitas masing masing baik selaku pribadi maupun anngota masyarakat. Dengan adanya kepastian ttg pelantikan Ahok sebagai Gubernur definitif di DKI, maka berarti demokrasi telah berjaya dan akan makin diperkuat di masa yang akan datang. Semoga Gubernur Ahok, setelah dilantik besuk, akan bisa segera bekerja dengan konsentrasi penuh sebagai pemimpin di Jakarta dan menjalankan amanah rakyat. 


Bravo Gubernur Ahok. Selamat bekerja!! 

Simak tautan ini:

http://www.rmol.co/read/2014/11/13/179701/Besok-Ahok-Resmi-Menjadi-Gubernur-Defenitif-DKI-Jakarta-

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS