Tuesday, November 4, 2014

ARIA BIMA DAN UPAYA "RAPPROCHEMENT" KIH DAN KMP:



 Akhirnya nalar sehat dipakai untuk mencari penyelesaian konflik (conflict resolution) di DPR antara KMP dan KIH. Aria Bima (AB), politisi senior PDIP yang juga arsitek di balik pertemuan Presiden Jokowi dan boss Gerindra, Prabowo Subianto (PS) beberapa pekan lalu, menunjukkan dan membuktikan bahwa lobi politik dipilih ketimbang "jalan pedang". Dan saya kira memang demikianlah yang seharusnya dfilakukan, karena jika tidak maka yang terjadi adalah kebuntuan (deadlocked) dan stalemate di Senayan yg pada kahirnya merugikan DPR sendiri, Pemerintah Jokowi, dan yang jelas bangsa Indonesia.
Pendekatan terhadap parpol-2 anggota KMP, seperti PAN, PD, dan Gerindra yng dilakukan oleh PDIP akan bisa mencairkan suasana. KIH harus menerima kenyataan politik bahwa sampai saat ini KMP memiliki legitimasi legal formal dan politik di DPR sehingga upaya mendongkel dengan membuat tandingan tidak menghasilkan tekanan yang cukup kuat. Sementara itu KMP yg berada di atas angin, juga tidak mungkin mengkapitalisasi kemenangannya secara kongkrit karena Pemerintah juga tidak bisa diajak kerjasama, apalagi KIH. Dengan demikian, jalan buntu politik terjadi dan hanya bisa dicairkan dengan satu kata, "kompromi." Dan dalam hal ini, pihak yg berinisiatif akan menjadi faktor penting, yakni PDIP.
AB sekali lagi menunjukkan kepiawaiannya menjadi "trouble shooter" dalam rangka mencairkan ketegangan politik para elit parpol. Jika sebelumnya beliau berhasil mempertemukan Jokowi dan Prabowo sebelum sidang MPR yg sempat dibayang-2i isu boikot, interupsi, penolakan dll, maka setelah terjadinya pencairan hubungan antara kedua pemimpin tsb, semuanya lancar. Kini setelah deadlocki terjadi gara-gara DPR Perjuangan, maka AB sekali lagi ikut meretas jalan bagi sebuah "rapprochement" antara KIH dan KMP. Saya kira AB harus didukung oleh Pemerintah Jokowi dan semua pihak yang menginginkan pemulihan dan stabilitas di DPR sehingga Pemerintah bisa segera bekerja secara normal.
Bravo Bung Aria Bima!!
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS