Monday, December 15, 2014

PERJUANGAN KEMANUSIAAN, PERJUANGAN MELAWAN KEBENCIAN

Pada mulanya adlh kebencian. Kebencian thd perbedaan2 dalam identitas  ras, warna kulit, etnisitas, agama, kelompok, jender, dan bahkan gaya hidup. Kebencian telah menjadi semacam "penyakit bawaan" semenjak Adam dan Hawa diciptakan Tuhan, ketika Iblis merasa lebih hebat dan membenci kedua mahluk baru itu karena mereka mndpt pujian dan privilese dr Sang Pencipta. Setelah Adam dan Jawa turun ke dunia, adalah kebencian pula yg membuat Qabil (Kain) membunuh saudaranya, Habil (Abel), dan menjadi peristiwa kekerasan pertama di muka bumi. Sampai hari ini.

Amerika boleh berbangga sebagai Tanah Air bagi Manusia Merdeka ( the Land of the Free). Ia adlh negara demokrasi terlama dan salah satu yg terbesar dlm sejarah modern. Ia adlh kampiun dua perang dunia dan negara adidaya yg pengaruhnya tak terbantahkan. Ia adlh negara paling maju di bidang iptek dan produser terbanyak peraih Nobel sejak hadiah itu diumumkan sampai sekarang. Dll dsb.. Toh negeri Paman Sam itu masih belum mampu mengatasi kebencian yg menempel dan meracuni dirinya sejak awal. Kebencian thd bangsa Indian yg menghuni tanah Amerika sejak awal. Kebencian thd ras kulit hitam sejak para budak dibawa ke tanah itu. Kebencian thd bangsa Yahudi, terhadap ras Asia, terhadap agama yg berbeda, dan lain sebagainya. Kebencian, pendek kata, adalah ideologi yg merusak dan tak mudah dihilangkan kendati telah ribuan dan bahkan jutaan korban jatuh selama dua ratus tahun lebih Amerika Serikat berada.

Sejarah, kata para bijak, adlh kaca benggala utk kita menengok tampilan wajah dan jiwa kita sendiri sebagai bangsa. Akankah kita mengulangi pengalaman sejarah yg traumatis dari bangsa Amerika itu, ataukah kita akan menghindarinya? Bangsa Amerika tak pernah menyerah dlm berjuang memerangi virus kebencian yg meracuni dirinya, walaupun mereka tahu halangan2 yg menghadang sangatlah besar. Karena kebencian bisa menghinggapi siapa saja dan berpindah dari yg dulunya membenci kpd yg dibenci. Contohnya, sebagian kaum Yahudi yg dulu tertindas dan dibenci, kini ada yg berubah dan tak kalah dlm menyebarkan kebencian thd liyan (others). Rasisme bukan hanya menghasilkan kebencian thd pihak lain, tapi juga kebencian thd diri sendiri (self hatred)...

Perjuangan melawan kebencian adlh perjuangan universal, perjuangan kemanusiaan. Termasuk bagi bangsa Indonesia yg sedang menyaksikan maraknya ideologi dan politik berdasar kebencian pd akhir2 ini. Selamat berjuang!!  

Simak tautan ini:

http://m.beritasatu.com/amerika/233271-puluhan-ribu-orang-berdemonstrasi-di-sejumlah-kota-di-as.html


Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS