Thursday, April 23, 2015

KEPUTUSAN MENGANGKAT BUDI GUNAWAN MENJADI WAKAPOLRI

Dari pandangan elit Polri, keputusan mengangkat Komjen Pol. Budi Gunawan (BG) tentu merupakan hal yg sangat positif dan menjadi bukti bhw mereka solid. Keputusan tsb juga akan dianggap sebagai hal yang bisa menepis opini publik yg negatif thd BG dan lembaga penegak hukum tsb, karena secara legal formal menjadi referensi dan bukti tudingan2 miring yg selama ini ada. Secara politis Polri akan memakai keputusan pengangkatan BG sebagai bukti bhw lembaga ini tdk diintervensi oleh siapapun dan mampu secara mandiri membuat keputusan strategis terkait pemimpinannya.

Bagi Pemerintah Presiden Jokowi (PJ), pengangkatan BG mungkin lebih problematik. Ia adalah sebuah kompromi politik yg mungkin paling baik utk mengurangi ketegangan dan meredam konflik antara Istana dan kekuatan2 politik yg mendukungnya. Demikian pula, Istana bisa melepaskan diri dr tudingan intervensi karena pemilihan BG dilakukan sepenuhnya oleh Polri dan sesuai prosedur yg berlaku. PJ tentunya tdk bisa dianggap secara langsung menjadi pihak yg mengangkat BG sbg Wakapolri.

Namun tidak tertutup kemungkinan bhw Istana dan PJ akan menuai kritik dr para pendukungnya serta masyarakat sipil yg masih keberatan dg BG sbg wakapolri. Mereka setidaknya akan menilai PJ telah mengecewakan harapan rakyat yg mengharapkan pemerintah konsisten dlm pemberantasan korupsi. PJ juga bisa diamggap lebih mementingkan kepentingan kelompok politik ketimbang aspirasi rakyat serta komitnen moral politik.

Polri dan PJ sudah mengambil sikap dan keputusan. Kini rakyat Indonesia yg akan menilai keputusan tersebut.

Simak tautan ini:

http://m.rmol.co/news.php?id=200066
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS