Friday, May 22, 2015

LANGKAH FAISAL BASRI MELAPORKAN MASALAH MIGAS KE BARESKRIM POLRI

Langkah mantan Ketua Tim Reformasi Tatakelola Migas, Faisal Basri (FB), perlu mendapat dukungan kuat dari masyarakat sipil, khususnya semua pihak yang menginginkan adanya kejelasan dan keberesan dalam masalah energi nasional. FB melaporkan masalah terkait penyimpangan dalam tatakelola Migas ke Bareskrim Polri yag diharapkan akan menindaklanjuti dalam ranah hukum.

Respon positif dari Polri juga perlu diapresiasi dan kita berharap akan sedgera melakukan tindakan. Sebab Polri sangat berkepentingan bukan saja dalam menjalankan fungsi gakkum, termasuk pemberantasan korupsi sektor Migas, tetapi juga dalam hal pemulihan kepercayaan rakyat yg kini sedang anjlok. Bareskrim Polri harus menjadi sektor utama dalam membongkar jejaring Mafia Migas yang telah merugikan negara trilunan rupiah dan mengancam keamanan nasional.

Tim yg dipimpin FB telah selesai bertugas dan memberikan lima rekomendasi kepada Presiden: 1)  Penataan ulang seluruh proses serta kewenangan penjualan dan pengadaan minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM); 2) Menghapus Petral sebagai peserta tender penjualan dan pengadaan impor minyak mentah dan BBM, tetapi dilakukan oleh Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina. Petral dapat menjadi salah satu peserta lelang pengadaan dan penjualan minyak mentah dan BBM yang dilaksanakan ISC. Namun, proses itu dilakukan secara terbuka; 3) Mengganti secepatnya manajemen Petral dan ISC dari tingkat pimpinan tertinggi hingga manajer; 4) Menyusun roadmap menuju world class oil trading company oleh manajemen baru Petral serta mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan: dan 5) Melakukan audit forensik agar segala proses yang terjadi di Petral menjadi terang benderang.

Petral memang sudah dibubarkan, tetapi bengkalai-2 korupsi Migas yg ditinggalkan masih ada dan sangat besar. Dan inilah yang harus dituntaskan oleh Polri bersama aparat penegak hukum lain, serta dukungan kuat dari seluruh masyarakat sipil di negeri ini. Saya salut dengan langkah FB dan apresiasi terhadap sikap Bareskrim Polri merespon dengan positif inisiatif tsb. Semoga sebentar lagi rakyat Indonesia akan menyaksikan kiprah Polri yg ditunggu-tunggu ini.


Simak tautan ini:

http://nasional.kompas.com/read/2015/05/21/21570741/Faisal.Basri.Sebut.Nama-nama.Mafia.Migas.ke.Polisi?utm_campaign=popread&utm_medium=bp&utm_source=news
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS