Monday, October 5, 2015

MENYAMBUT ULTAH TNI KE 70 DAN PEMBANGUNAN MARITIM

Barangkali baru kali ini HUT TNI bukan saja diperingati secara meriah dan mengerahkan berbagai peragaan alutsista TNI yang termasuk canggih untuk ukuran Asia Tenggara, tetapi juga ditopang oleh suatu program nasional terkait pembangunan kemaritiman yang menjadi salah satu prioritas Pemerintah Presiden Jokowi (PJ). Menyaksikan upacara HUT TNI ke 70, dari layar TV, saya termasuk warganegara yang bangga. Dan mungkin karena saya memang suka membaca novel thrillers, saya sangat impressed dengan beberapa pasukan yang ikut defile: Yon Raiders Infanteri AD, Yon Linud AD, dan Yon Armed Marinir. Motto Yon Raider Infanteri-AD, "CEPAT, TEPAT, SENYAP" bikin merinding, saking bangganya.

Namun lebih dari soal defile dan pameran alutsista, saya sangat mendukung program penguatan TNI oleh PJ yang dikaitkan dengan startegi pembangunan poros maritim Indonesia. NKRI adalah negara kepulauan yang wilayahnya 2/3 terdiri atas laut, yang di dalamnya berisi SDA yang luar biasa tetapi sampai hari ini masih menjadi jarahan orang lain dan belum dikelola secara optimum. Kendati sejarah TNI sangat didominasi oleh AD, karena perjuangan melawan penjajahan pada waktu itu sangat ditentukan oleh perlawnan senjata di darat dan para tokoh militer yang menjadi tulang punggung kelahiran NKRI banyak yang dari AD, belum lagi kekuasaan selama Orba nyaris tmplek-blek di tangan AD, tetapi AL dan AU juga mesti maju dan diberdayakan.

Dalam konteks inilah kombinasi pembangunan maritim dan AL terasa sangat tepat. Jika kiprah PJ ini sukses dalam 5 tahun mendatang, maka NKRI akan menjadi kekuatan ekonomi Asia, jika belum sampai tingkat dunia, yang diperhitungkan. Tentu saja kekuatan ekonomi harus pula diback-up dengan kekuatan militer yang sepadan, dan ini berarti kemampuan AL dan AU juga mesti ditingkatkan.

Komitmen TNI utk menjadi bagian dari rakyat, sebagaimana dikemukakan oleh Panglima TNI dan dikemukakan oleh PJ dalam pidatonya, tentu harus dibuktikan dalam kenyataan. Dan kenyataan itu tdk cukup dengan rakyat rame-2 naik tank dalam peringatan HUT TNI, tetapi pada kehidupan nyata: TNI tidak lagi berkonflik dengan rakyat tetapi menjadi benar-benar pelindungnya.

Bravo dan Selamat Ultah TNI ke 70!!
 
Simak tautan ini:
 
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS