Monday, January 18, 2016

HATI-HATI DENGAN KARTU KREDIT ANDA

 
 
Saya hanya ingin share pengalaman yang barangkali sudah terjadi pada ribuan orang pemegang kartu kredit (KK). Namun bagi saya pengalaman buruk ini baru sekali ini terjadi, walaupun saya memegang KK sudah sejak 1985, baik ketika masih sekolah di luar negeri maupun setelah kembali sampai hari ini.

Ceritanya, saya dikejutkan dengan laporan tagihan bank bulanan yg saya terima Jumat sore (15/1/16) dari Bank @HSBC. Dlm tagihan bulanan itu KK Visa platinum milik saya, yang barangkali sudah lebih dari setahun tidak pernah saya gunakan, ujug-2 kena tagihan yang melampaui batas (overlimit). Saya seakan-akan telah menggunakan KK tsb utk transaksi di negara Swedia (seperti pembayaran pembelian stock/ saham), sehingga memakai kurs mata uang negara tsb (SEK), pada 7 Januari 2016. Jumlahnya jika dikurs dg Rupiah ada puluhan juta, yg tak perlu saya rinci. Yg pasti credit line saya langsung habis karena diambil semua oleh maling yg menggunakan KK itu. Padahal saya pada hari tsb, utk pertama kalinya, menggunakan lagi KK tsb di restoran, bersama dua orang teman, di bilangan Citos, dg jumlah transaksinya juga cuma Rp 500,- ribuan. Anehnya, transaksi itu malah belum nongol dalam tagihan yg mengejutkan itu!.

Tentu saja saya segera lapor pd Sabtu (16/01/16) ke @HSBC melalui phone banking karena kantor pusat di Jl. Jenderal Sudirman tutup pd hari itu. Saya dibantu petugas di divisi KK memblokir KK tsb dan diminta memenuhi persyaratan lain melalui fax agar semua tagihan tsb bisa diurus dan tidak membebani saya. Proses sedang berjalan dan tentu saja hari-hari ini saya sedang menunggu hasilnya dengan kebat-kebit. Doakan saja semoga semua berjalan sesuai harapan.

Lessons learned: 1) Tidak ada yang tidak mungkin dalam urusan cyber crime, termasuk pemalsuan KK; 2). Hati-2 ketika menggunakan KK tsb, jangan terlalu percaya ketika KK anda diminta utk pembayaran. Lebih baik anda sendiri menyaksikan KK anda digesek dan anda ambil lagi; 3). Kendati anda tdk pernah menggunakan KK anda, tidak berarti anda safe dari kemungkinan diretas dan/ atau dibajak oleh pihak lain; dan (ini yang juga penting) 4). Secara spiritual, peristiwa ini adalah teguran/ peringatan kepada saya yang masih kurang banyak sedekah dan beramal salih.

Hati-hati ya para sahabat dg KK anda!!
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS