Tuesday, January 5, 2016

RESPON CEPAT PJ SOAL DANA KETAHANAN ENERGI

Presiden Jokowi (PJ) sekali lagi memilih mendengarkan suara publik ketimbang omongan pembantunya di Kabinet dalam membuat kebijakan publik strategis dan berpotensi sensitif secara politik. Rencana Menteri ESDM, Sudirman Said (SS), untuk melakukan pungutan Dana Krtahanan Energi (DKE) dlm skim penurunan harga bbm dibatalkan atau minimum ditunda. Rencana kontroversial tsb dilandasi oleh keinginan memperoleh dana utk eksplorasi minyak dan gas, pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), dan pengembangan SDM energi. Sayangnya DKE itu lemah dr sisi hukum dan karena itu rentan terhadap kritik dan politisasi.

PJ bersikap tegas dan cermat seperti ketika Menhub Jonan ujug2 mau menghapus Gojeg dg alasan sistem transportasi publik itu tidak ada payung hukummya. Publik yg merespon sangat negatif thd kebijakan Menhub itu ternyata punya resonansi tinggi dg PJ yg peka thd aspirasi publik itu. Dan ini juga terjadi pd kasus DKE yg juga banyak dikecam publik karena dianggap tak berdasar hukum yg kokoh dan berbau pungli. Yg terakhir ini setidaknya disuarakan oleh sementara anggota DPR yg kritis seperti Rieke Diah Pitaloka (RDP), politisi PDIP.

Hemat saya sikap PJ ini akan mengatrol kepercayaan publik thd pemerintah dan sekaligus menjadi bukti bhw beliau tdk bisa didikte oleh cara berfikir birokratis dan sok berkuasa. Kebijakan publik, bagaimanapun baik niatnya, tetap akan diuji legitimasinya di ruang publik. Oleh sebab itu kebijakan publik tdk hanya dibuat karena ditopang kekuasaan dan legal formal, tetapi juga perlu mengindahkan realitas sosial dan politik serta kepantasan. Dalam sebuah sistem politik yg terbuka dan menuntut akuntabilitas publik, masalah legitimasi politik dan etik tak bisa diabaikan begitu saja.

Ihwal DKE bisa jadi maksudnya baik dan sah2 saja utk diupayakan. Tetapi perlu pendekatan yg lebih legitimate di mata publik baik pada sisi legal formal maupun politik dan etik. Semoga saja sikap PJ ini bisa diikuti oleh pembantunya di Kabinet sehingga harmoni dan sinergi kinerja akan kian baik dan solid.

Simak tautan ini:

http://www.merdeka.com/uang/ini-daftar-harga-bbm-baru-tanpa-ada-pungutan-dana-ketahanan-energi.html
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS