Friday, February 19, 2016

VIDEO TALK SHOW "CATATAN YUSRIL" TV ONE




Simak video acara "Catatan Yusril" yang ditayangkan TV One tadi malam (18/02/16). Acara yang dipandu oleh Prof Yusril Ihza Mahendra (YIM), pakar hukum tatanegara, mantan menteri 3 kali, dan pengacara kondang tsb, berdurasi 1 jam (dlm video ini sekitar 40 menit), dengan audiens para mahasiswa dan dua pembicara tamu (guest speakers): Pakar hukum tatanegara, Prof Saldi Isra (SI), dari Univ Andalas, dan saya sendiri.
Topik acara talk show perdana ini adalah tentang kegaduhan yang sering terjadi di NKRI sejak negeri ini merdeka sampai sekarang. YIM dan SI menganalisa masalah tsb dari perspektif konstitusionalisme dan sistem politik yang berlaku. Saya lebih memfokuskan pada persoalan pelaksanaan prinsip demokrasi: "dari, oleh, dan untuk rakyat." Hemat saya, sampai saat ini prinsip "untuk rakyat" belum pernah terlaksana secara memadai, karena elite politik cenderung mementingkan diri dan kelompok. Jadi kegaduhan-2 terjadi umumnya bersumber pada kegagalan elite politik negeri ini.
Solusi yang saya kemukakan adalah reformasi parpol sebagai sine qua non, agar parpol-2 benar-2 menjadi salah satu pilar demokrasi yg mampu mewujudkan prinsip "untuk rakyat" selain "dari dan oleh rakyat." Silakan menyimak dan membahas. Trims (MASH).
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS