Tuesday, July 5, 2016

INDONESIA (MASIH) MENJADI TARGET TERORISME GLOBAL


Belum 24 jam saya menulis soal maraknya terorisme global, yang terakhir adalah pemboman Masjid Nabawi, di kota suci Madinatul Munawwaroh, kini menyusul aksi bom bunuh diri di Polresta Solo, Jateng. Pihak Polri menyatakan bahwa pelaku pembawa bom meledakkan diri dan tewas di halaman Polresta setelah dicegah oleh seorang petugas (yang konon mendapat luka ringan).

Peristiwa ini menjadi bukti bahwa rentetan aksi teror yang terjadi bukanlah berdiri sendiri, namun menjadi bagian dari aksi yang sistematis dan berlingkup global. Kaum radikal Islam kian intensif dalam melakukan serangan-serangan thd sasaran-sasaran yang dianggap strategis sesuai dengan konteks negara yang menjadi lokasi operasi mereka. Tak ada tempat yang imun dengan aksi teror mereka. Bagi mereka, menciptakan kerusakan dan efek ketakutan maksimum untuk tujuan politik membuat aksi-aksi teror tidak akan bisa hanya diprediksi memakai asumsi perang konvensional.

Aksi teror di Solo ini seharusnya juga menjadi peringatan bagi aparat keamanan dan intelijen, bahwa Polri dan kantor-2nya, baik ndi Pusat dan daerah, tetap merupakan sasaran atau target operasi kelompok tsb. Namun tidak tertutup kemungkinan juga bahwa tempat-2 berkumpulnya kerumunan atau massa pada saat jelang dan pasca Lebaran sangat rentan terhadap aksi-aksi tsb. Sekali lagi, bagi kelompok radikal tidak ada lagi tempat yg imun untuk dijadikan target aksi teror, yang penting adalah dampak yg ditimbulkan.

Inilah tantangan bagi Pak Komjen M. Tito Karnavian (MTK) yang sebentar lagi akan dilantik sebagai Kapolri baru, dan yang kini masih menjabat Kepala BNPT, lembaga yang berurusan dengan pencegahan dan pemberantasan terorisme di negeri ini. Tampaknya kondisi lingkungan global terkait dengan maraknya aksi teror telah merembet ke negeri ini. Diperlukan suatu kepemimpinan yang efektif untuk mendeteksi dan mencegah sedini mungkin agar Indonesia tidak menjadi ajang bagi gerakan dan aksi brutal tersebut.

Simak tautan ini:
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS