Friday, February 17, 2017

BERTHOLD BRECHT DAN KONFLIK ELIT

"Kekalahan dan kemenangan mereka yang berada di atas, tidaklah selalu berarti kekalahan dan kemenangan mereka yang berada di lapis bawah."
(Berthold Brecht, sutradara, dramawan, dan penyair terkemuka asal Jerman, 1898- 1956)

Para penguasa atau elit politik dan bahkan para akademisi yg mendukung penguasa seringkali lupa atau pura2 lupa bahwa apa yg mereka alami atau klaim tidaklah otomatis sama atau nyambung dengan apa yang terjadi di masyarakat, khususnya di lapisan bawah. Sebaliknya, masyarakat juga jangan terlalu yakin bahwa kemenangan dan kekalahan elit penguasa akan langsung berdampak baik atau buruk bagi mereka. Sikap mengambil jarak dan kritis terhadap konflik dan pertarungan politik yg terjadi di level atas akan memungkinkan masyarakat utk mengantisipasi kemungkinan2 yg bisa terjadi dan tidak mereka bayangkan sebelumnya.

Dukungan atau penolakan thd elite politik yg sedang bertarung atau berkompetisi perlu dilakukan dengan tetap membuka ruang pada kritik dan harapan. Dengan penyikapan demikian maka masyarakat tdk akan mudah digiring utk menjadi pendukung yg membabi buta atau pembenci yang fanatik. Hasil dr kontestasi politik tetap harus dibuktikan dalam kerja2 yg nyata setelah itu. Jika kita sudah terjebak pada dukungan dan/atau penolakan yg berlebihan, maka kita akan kehilangan posisi utk melakukan peninjauan dan evaluasi di masa yg akan datang. Bersikap 'sakmadyo' dan tetap kritis adalah pilihan terbaik.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS