Saturday, March 25, 2017

JOSE MARTI DAN PARA PEMBENCI

"Orang-orang yang menyebarkan penghianatan, kerusakan dan kematian berdasar atas kebencian thd kebahagian pihak lain adalah mereka yang tak layak untuk dikasihani." 
(Jose Marti, penyair, filsuf, dan bapak revolusi Kuba, 1853-1895)

Kaum pembenci terhadap liyan adalah manusia-2 yang sangat berbahaya dalam kehidupan bersama. Dengan kebencian itu mereka bisa menyebarkan kerusakan dan kehancuran terhadap suatu cita-cita bersama dan juga hasil-2 kerja yang diperjuangkan dengan darah dan airmata. Para pembenci dan pendengki itu bisa saja menggunakan berbagai taktik dan strategi propaganda. Termasuk menyebar ideologi kebencian mereka dengan dilapisi dan dibungkus penafsiran thd ajaran-ajaran agama. Karenanya, sama sekali tidak mudah utk menghadapi mereka.

Yang harus dilakukan adalah mengantisipasi penyebaran kebencian dan kedengkian itu sedini mungkin. Sama seperti kalau kita menghadapi serangan penyakit berbahaya, maka sejak dini kita siapkan vaksin anti virus, seperti polio, tbc, typhus, dll. Masyarakat harus diajak bersama-sama memerangi virus kebencian dan kedengkian, selain pada tataran pribadi-pribadi. Para pendukung dan kebencian adalah manusia yang paling berbahaya bagi kemanusiaan dan peradaban. Dan karenanya harus kita sikapi dengan kritis sebelum malapetaka terjadi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS