Thursday, April 13, 2017

MENYIMAK DEBAT FINAL PILKADA DKI 2017 PUTARAN 2

Semalam (12/4/17) acara debat final Paslon Pilkada DKI 2017 digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Acara yg dipandu oleh Ira Koesno (IK) ini dianggap sebagai salah satu event terpenting dalam rangkaian Pilkada yang juga paling spektakuler di Indonesia ini. Tema debat adalah "Dari Masyarakat Untuk Jakarta", yg mengcover masalah-2 strategis di ibukota, seperti transportasi, pembangunan ekonomi, kesejahteraan, reklamasi, hunian,dll. Yang menarik dalam debat pamungkas ini adalah formatnya yg melibatkan beberapa komunitas (Rusun, Transportasi, dan Nelayan) utk memberikan pertanyaan kepada kedua Paslon.

Saya bersama nara sumber lainnta, yaitu Emmy Hafid (EH) mewakili timses Paslon Ahok-Djarot, dan Edriana Noerdin (EN, mewakili timses Paslon Anies-Sandi, mengulas debat yg berlangsung selama lebih dari 2 am tsb, dengan dipandu oleh Indra Sulaiman (IS) di studio CNN-TV Indonesia. Silakan para sahabat menyimak tayangan video yg saya tautkan di bawah ini.

Hemat saya, debat final ini berlangsung anti-klimaks dan tidak seperti yg saya harapkan akan menjadi semacam 'game changer' (pengubah permainan) seperti tiga debat sebelumnya di putaran 1. Mengapa? Bukan saja debat ini berjalan monoton dan rada membosankan dari segmen 1 sampai 4 dari 5 segmen yg ada, tetapi juga cenderung lebih normatif ketimbang sebelumnya. Harapan saya bhw para Paslon akan menampilkan program-2 mereka secara lebih detail, khususnya ttg reklamasi dan pembangunan hunian dengan DP 0 Rupiah yg kontroversial tsb, ternyata tak terjadi. Memang pada segmen ke 5, yakni debat langsung antara Ahok-Anies, dua isu ini ditampilkan dan berlangsung 'panas', tetapi substansinya tidak beranjak dari yang sudah banyak diketahui publik. Justru debat di CNN TV antara EH dan EN jauh lebih detil dalam membicarakan soal reklamai dan hunian tsb!

Siapa yang unggul dlm debat final tsb? Karena debat ini tidak cukup kuat menjadi game changer, saya menganggap bahwa hasilnya adalah draw alias sama-sama. Tidak seperti debat 1,2,dan 3, maka debat final ini masih belum mampu menjadi pengubah pilihan bagi para peragu (doubters) dan yg belum menentukan pilihan (undecideds). Pada akhirnya, para pemilih Jakarta akan menentukan siapa pemenangnya di bilik suara pada 19 April nanti. Trims (MASH)

Silakan simak video CNN_TV di bawah:

https://www.youtube.com/watch?v=B57fFqzuFIE


Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS