Friday, August 18, 2017

MEMBACA FOTO DUA EKSPRESSI DALAM DIRGAHAYU RI


Menyimak dua gambar di bawah ini, sangat menarik, karena bisa ditafsirkan bahwa keduanya memiliki kesamaan dan perbedaan dalam memperingati HUT RI ke 72, 17 Agustus 2017 kemarin.

Foto yang di atas menampilkan wajah-wajah sumringah, dengan keindahan pakaian adat yang dikenakan mereka. Latar belakang sebuah ruangan di Istana Negara makin menambah nuansa kegembiraan dan kebahagiaan. Terlebih yang berpose adalah RI-1 dan RI-2 serta mantan RI-1 (Pak SBY dan Pak BJ Habibie), dan juga Ibu Negara serta mantan Ibu Negara. Sebuah ekspressi suasana peringatan HUT RI yang mencitrakan kegembiraan, kebahagiaan, dan citra harmoni diantara para elit negeri ini.

Foto yang di bawah, nuansanya berbeda. Tidak ada baju adat, paling juga batik dan selebihnya pakaian formal, setelan jas dan berkopiah nasional. Latarbelakang foto, nyaris tanpa hiasan, karena memang lokasinya di kampus Universitas Bung Karno. Dan yang difoto adalah para tokoh "oposisi", mulai dari Ketum DPP Gerindra, Prabowo Subianto, mantan Ketua MPR Amien Rais, mantan Menko Maritim Rizal Ramli, dan puteri alm BK, Rachmawati Sukarnoputri. Wajah-wajah mereka serius bahkan cenderung menampilkan 'keprihatinan'. Sebuah suasana peringatan HUT RI yang sendu dan prihatin?

Dua ekspressi peringatan ultah RI, bisa menjadi kaca benggala bagi kita. Tergantung bagaimana kita mau menafsirkan keduanya. Ada yang memperingati Ultah dengan kegembiraan, ada yang dengan keprihatinan. Tetapi semoga saja keduanya tetap dalam satu bingkai: Kepedulian mendalam kepada bangsa dan NKRI. Toh dalam kedua foto tersebut masing-masing ada putri Bung Karno, Putra Sang Fajar: Megawati dan Rachmawati.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS