Monday, January 8, 2018

SUDAHKAH ANDA MENGECEK "LEVEL" KEBERAGAMAAN ANDA HARI INI?

Jika keberagamaan (religiosity) Anda membuat LIYAN (baik dari sesama maupun lintas-beragama) merasa tak nyaman, terusik, terganggu, terancam, apalagi tertindas, mk sudah saatnya anda melakukan REFLEKSI & KAJI ULANG atasnya.

Keberagamaan yang tidak menghasilkan kontribusi positif bagi kehidupan bersama dalam komunitas, masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan, adalah SEMU dan ARTIFISIAL. Ia kehilangan substansi keberagamaan terpenting yakni spiritualitas.Orang atau kelompok orang bisa saja beragama tetapi kering spiritualistas.

Spiritualitas selalu mengedepankan etika sebagai landasan hidup, termasuk etika tanggungjawab sebagai pribadi dan anggota masyarakat, serta mengarahkan manusia kepada orientasi nilai-nilai keselarasan, kedamaian, kebersamaan, dan keluhuran akal budi.

Itu sebabnya keberagamaan yang berlandaskan spiritualitas MUSTAHIL akan menghasilkan sikap-sikap yang negatif bagi pergaulan ummat manusia umumnya, dan ummat beragama khususnya.

Jadi, hemat saya, ada baiknya Anda sering melakukan pemeriksaan kembali gagasan-2 dan sikap-2 keberagamaan Anda. Sebab manusia adalah wahana bagi kekeliruan dan lupa!
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS