Monday, February 26, 2018

HIKMAH DARI AL-HIKAM: JADIKAN KASIH SEBAGAI WAHANA

Image may contain: one or more people, people standing and text "Hakikat mengasihi adlh TIDAK meminta apapun dari yg dikasihi. Pemilik kasih itu justru BERKORBAN untuk yang dikasihinya. Bukan engkau yg dikasihi yang MEMBERIKAN apa apa kepadanya." (IBNU 'ATHOILLAH AS-SAKANDARY, Sufi Agung dr Alexandria).

Tak ada dzat Maha Pengasih melebihi TUHAN, karena DIA memberikan semua dan tak memerlukan pemberian kembali dari mahluk. Jika manusia berniat & berusaha meniru dan mengikuti TUHANnya, maka ia harus berusaha keras utk menyebarkan kasih dalam hidupnya.

Memang benar bhw kasih manusia takkan pernah sesempurna seperti kasih Tuhan kepada mahluqNya. Tetapi selalu ada ruang untuk meningkatkan kualitas selama manusia MENGADA di dunia. Ketidaksempurnaan manusia justru harus dipahami sebagai ruang & kesempatan utk berikhtiar dan berusaha.

Jadi janganlah bersembunyi di balik ketaksempurnaan anda utk dalih tak mau menebar kasih. Sebab Anda selalu punya kesempatan utk melakukannya, sekecil apapun. Kasih yg anda sebarkan sangat penting agar dunia tak disesaki oleh kebencian dan permusuhan yg akan menghancurkan kita semua.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS