Wednesday, April 17, 2019

PILEG RI 2019 ADALAH YANG TERANEH DI DUNIA

Menurut pandangan saya, Pemilu 2019 aneh, karena mayoritas partai politik hanya fokus untuk mengkampanyekan dua pasangan capres-cawapres, dan tidak melakukan kampanye untuk partai secara massif, terstruktur dan sistemik. Apalagi yang namanya DPD, nyaris tak terdengar siapa di antara caleg mereka yang melakukan kampanye tentang platform politik, program dan agenda, dan lain sebagainya.

Bahkan sejauh yg saya amati, tidak ada debat antar parpol yg akan berlaga utk kursi DPR, maupun antar caleg yang mau jadi anggota DPD. Media dan medsos pun sama sekali tak tertarik utk mewawancarai parpol ttg program mereka atau apa yang akan dilakukan para caleg DPD seandainya terpilih!.

Perkecualian hanya satu, yaitu PSI yang mengajak debat terbuka kpd parpol2 nasionalis. Juga ada pidato di depan massa PSI oleh pemimpinnya, Grace Natalie, yang isinya cukup membuat headline dan viral. Tantangan debat PSI, seperti diketahui, dicuekin oleh parpol lain, baik yg lama maupun yg baru!

Sebuah pertanda kemunduran dari politik elektoral (electoral politics) dan konsolidasi demokrasi di negeri ini pasca Reformasi.

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS