Friday, September 27, 2019

APAKAH PRESIDEN JOKOWI BISA HENTIKAN KEGADUHAN INI?

Demo mahasiswa berkecamuk di Senayan untuk menolak produk-produk legislasi DPR yang dianggap anti demokrasi. Ini seharusnya menjadi "wake up call" bagi Presiden Jokow (PJ), bahwa legitimasi beliau sebagai pemimpin sedang turut mendapat ujian. Sebab diantara produk-produk yang ditolak mahasiswa tsb ada yang benar-benar dianggap menghianati amanat reformasi, yaitu revisi UU KPK yang beliau lakukan bersama DPR.

PJ mungkin kaget melihat mahasiswa yang biasanya baik-baik saja selama 5 th terakhir ini, kini tampil berunjuk rasa seperti ketika rezim ORBA masih ada. PJ mungkin kaget karena beliau dilapori para aparatnya bahwa hal-hal seperti ini tidak bakal terjadi. PJ mungkin juga kaget karena tak menyangka puluhan PT dan ratusan Guru Besar menolak revisi UU KPK, padahal menurut penasihat beliau semuanya BAIK.

Sungguh sangat memprihatinkan apabila seorang Presiden yang dipilih KEMBALI oleh lebih dari 55% rakyat ternyata malah didemo sebelum disumpah untuk periode yang ke dua. Ada yang mesti dipertanyakan, mengapa legitimasi PJ bisa anjlog seperti itu? Salah satunya mungkin adalah karena PJ dan para elit politik terlalu PEDE dan meremehkan aspirasi publik terkait penghancuran KPK.

Apakah PJ masih punya kesempatan untuk merubah semua ini? Saya yakin ada. Buka DIALOG dengan publik, khususnya para mahasiswa, cendekiawan, mahaguru, tokoh masyarakat, dsb untuk mencari solusi soal UU KPK yang baru tsb. PJ bisa bikin PERPPU, atau melalui jalan lain: Judicial review oleh MK. Himbau agar MK mau mencabut UU KPK yang tak dikehendaki rakyat itu. Bukan intervensi sebagai Presiden, tetapi himbauan seorang Kepala Negara yang bijaksana!

PJ harus menjadikan aksi demo ini sebagai pelajaran bahwa kesewenang-wenangan tak akan berhasil membendung kehendak rakyat. Tidak pada th 60an, 80an, atau sekarang dan yang akan datang. Rakyat Indonesia harus menjadi RUJUKAN beliau dan pemerintahannya. Bukan para oligarch. IMHO.

Simak tautan ini:

1. [Foto: Lautan Massa Mahasiswa dari Berbagai Universitas Bergerak ke DPR] http://share.babe.news/al/QQSUFRfS
2. [Aparat & Mahasiswa Bentrok, Bamsoet Dievakuasi ke Ruang Pengamanan] http://share.babe.news/al/sYUNvQfS
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS