Tuesday, July 6, 2021

MENYIAPKAN BANGSA MENGHADAPI COVID-19: PANDANGAN SEORANG EPIDEMIOLOG



Simak dengan baik podcast di bawah ini: Dialog antara epidemiolog UI, dr. Pandu Riono, MPH, PhD, dengan Harsubeno Arief dari FNN. Judul podcast ini sepintas terkesan bombastis, tetapi sebenarnya ingin menekankan bahwa pandemi Covid-19 ini akan berlangsung lama dan karenanya harus dihadapi dengan penuh kewaspadaan dan konsistensi dalam penerapan kebijakan publik. Sebab belum ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir, terkait dengan fakta bahwa virus ini bermutasi terus dan dengan cepat. Tanpa kebijakan yang tepat dan konsisten, maka Indonesia juga akan terus menjadi negara yg menjadi sasaran penularannya.

Hemat saya, yang perlu kita simak dari dialog ini adalah pandangan dan analisa Dr. Pandu yang sangat terbuka dan kritis namun pada saat yang sama menunjukkan bagaimana langkah yang semestinya dilakukan baik dalam konteks pribadi, komunitas, dan kebijakan oleh para penyelenggara negara. Kebijakan publik yang selama ini diterapkan, menurut beliau, masih belum benar-benar mengutamakan dimensi kesehatan dan konsistensi. Beliau mengelaborasinya dalam berbagai permasalahan yang terkait dengan kasus-kasus penanganan pandemi, kapasitas dan kemampuan kelembagaan, termasuk dalam bidang komunikasi publik yg terkait dengan kebijakan penanggulangan pandemi.

Menyadari bahwa Indonesia masih akan lama menghadapi pandemi ini, seharusnya Pemerintah memiliki kebijakan publik yang tepat dan konsisten. Masyarakat juga perlu mendapat informasi yang tepat agar mereka bisa terlibat sepenuhnya sesuai dengan kapasitas mereka pada setiap level. Kondisi saat ini, masih menurut epidemiologis UI tsb, sudah pada level yang mengkhawatirkan jika dilihat dari jumlah angka peningkatan penularan Covid-19 dan korbannya. Pemerintah tak seyogyanya menutup-nutupi kenyataan tsb, karena justru akan semakin mempersulit kepercayaan (trust) dari publik yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan kebijakan.

Silakan menyimak podcast ini dari awal sampai akhir secara utuh dan kemudian memberikan komentar. Trims (MASH)

https://www.youtube.com/watch?v=Y0tGelwFkdA
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS