Wednesday, January 22, 2014

AS HIKAM: KPK HARUS CARI TEROBOSAN SOAL KORUPSI E-KTP

Rabu, 22-01-2014 11:35
KPK Harus Cari Terobosan Jerat Setya Novanto di Proyek e-KTP : aktual.co
Setya Novanto (Istimewa)
Jakarta, Aktual.co - Analis politik AS Hikam tidak yakin Setya Novanto (SN) atau siapapun sakti di depan hukum. Memang sebagai bendahara Golkar dan anggota DPR RI serta konglomerat besar, SN sangat 'powerfull'.

"Masalahnya adalah pada masih belum ditemukannya alat bukti yang cukup atau perlindungan politik serta politik black mail yang dimainkan oleh pihak-pihak yang saling terkait. Sehingga terjadi saling menutupi dan penggunaan alibi yang sangat sulit ditembus setidaknya untuk sementara," kata Hikam kepada Aktual.co, Rabu (22/1).

Kalau soal Hambalang saja begitu alot, maka soal e-KTP tentu lebih alot lagi, karena jejaringnya lebih kuat dan pemainnya lebih berpengalaman. Serta punya backing politik yang teramat kuat. Soalnya, nilai proyek dan nilai 'mark-up' dalam kasus e-KTP lebih besar dari Hambalang.

"Diperlukan keberanian KPK untuk mencari terobosan dari kasus-kasus yang kecil dulu dan kemudian masuk ke yang besar. Bisa juga dengan memanfaatkan justice collaborators agar mau membongkar jejaring korupsi yang merusak bangsa dan negara ini," sambung Hikam.

Terpidana Wisma Atlet, Nazaruddin, "bernyanyi" soal proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dia mengaku, bersama Bendahara Umum Partai Golkar, Setya Novanto, berkomplot merekayasa kasus ini.

"Nilai proyeknya Rp 5,9 triliun. Saya dan Novanto semua merekayasa proyek ini. Markup-nya Rp 2,5 triliun," kata Nazar. 
Ari Purwanto
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS