Monday, May 19, 2014

JOKOWI-JK RESMI PASANGAN PDIP DLM PILPRES 2014

Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) sudah bisa dipastikan akan mendampingi Jokowi sebagai cawapres dari koalisi Banteng. Selain dari berita ini, saya juga sudah konfirmasi dengan timses Jokowi,. Kita ucapkan selamat kepada Jokowi dan JK atas terpilihnya beliau berdua untuk berkompetisi dalam Pilpres 2014 bulan Juli yad. Tinggal menunggu siapa yang akan mendampingi Prabowo Subianto (PS), yang konon akan diumumkan juga siang nanti.

Pada akhirnya, kalkulasi kontribusi logistik (baca=duit) lah yang menjadi penentu. Elektabilitas JK, Mahfud MD (MMD), Ryamizard (RR) berimbang dan bahkan MMD bisa lebih tinggi di kalangan NU. Namun jika variabel "D(uit)" dimasukkan maka hanya JK yg kualifikasinya paling tinggi. Suka atau tidak masalah logistik akan sangat penting dalam penyelenggaraan Pilpres, karena biayanya jauh lebih besar ketimbang Pileg. Dalam Pileg, biaya bisa di share oleh setiap caleg sehingga partai masih bisa memberikan tambahan. tetapi dalam Pilpres, pesertanya hanya beberapa orang tetapi harus mampu menjangkau xseluruh Indonesia bahkan luar negeri. Terutama iklan di media akan menyita biaya yuang sangat dahsyat. Jika diuangkan, maka kalau Pileg akan menelan milyaran, kalau Pilpres sudah pasti hitungannya trilyunan.

Apakah pasangan Jokowi-JK akan menang sekali putaran atau duakali putaran? Sangat tergantung. Jika pasangan Prabowo adalah Hatta Rajasa (HR), maka prediksi saya bisa sekali putaran dimenangkan oleh pasangan Banteng tsb. Jika ada pasangan ketiga yang cukup punya elektabilitas, maka bisa jadi akan dua putaran, demikian pula jika PS memilih pasangan yang lebih kuat dari HR, misalnya MMD.

Secara umum, probabilitas kemenangan Jokowi-JK masih lebih besar ketimbang PS kendati pasangan boss Gerindra itu juga tokoh yang lenih kuat elektabilitasnya ketimbang HR. Tetapi dalam politik, hitung-2an tetap harus menyisakan faktor lain yang tidak masuk perhitungan karena berbagai sebab. Yang penting, rakyat dan bangsa Indonesia lah yang akan menentukan pilihan dan tentu saja termasuk resiko yang akan dihasilkannya.

Bravo Jokowi dan JK!!


http://indonesiasatu.kompas.com/read/2014/05/19/0819474/ditanya.apakah.jadi.cawapres.jokowi.jk.bilang.insya.allah?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS