Sunday, May 4, 2014

JURUS CERDAS JOKOWI REKRUT KHOFIFAH INDAR PARAWANSA

Inilah langkah politik yang cerdas dari capres PDIP, Jokowi. Melakukan pendekatan dan berhasil merekrut Ketua PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa (KIP), sebagai jubir tim suksesnya akan membuat suara warga Muslinat NU di negeri ini solid mendukungnya dalam Pilpres Juli nanti. KIP adalah tokoh yg saat ini paling kharismatik dan mampu memobilisir voting kaum perempuan NU (bukan hanya Muslimat, tetapi juga Fatayat dan IPPNU, bahkan PMII dan ISNU) dan bahkan memiliki daya tarik yang sangat kuat di luar NU.

Dukungan Muslimat NU adalah capaian strategis, karena pemilih perempuan adalah mayoritas di negeri ini dan khususnya suara kaum perempuan NU sangat solid serta cenderung 'en-bloc' mengikuti pimpinannya. Dan memegang KIP adalah kunci paling utama utk menangguk suara Muslimat NU, sebab sebagai Ketua Umum underbouw NU tsb, KIP jelas memiliki pengaruh besar sebagai vote getter sampai ke tingkat akar rumput!

Pengalaman politik KIP sudah tak diragukan lagi di kancah nasional, dan perjuangannya dalam Pilkada Jatim, yg dua kali kalah karena rekayasa dari luar, semakin menempatkan beliau sebagi sosok yang tak pantang menyerah. Jika Jokowi berhasil merangkul KIP dan menjadikan Mahfud MD sebagai cawapresnya, maka dukungan kaum nahdliyyin diperkirakan akan sangat solid, lebih solid dibanding ketika mantan Ketua PBNU, Hasyim Muzadi dan mantan Ketua NU Solahuddin Wahid menjadi capres pada 2004.

Kalaupun masih ada kantong-2 nahdliyyin di PPP, tampaknya pengaruhnya sangat kecil. Apalagi jika kubu PPP yang bersimpang jalan dengan Suryadharma Ali (SDA) memberikan dukungan kepada Jokowi. Sebab kubu anti-SDA juga terdiri atas tokoh-2 NU baik di pusat maupun daerah. Belum lagi jika diperhitungkan fajta bhwa Pilpres adalah soal figur, bukan partai. Pendukung PPP dari NU, termasuk Muslimat tentunya, akan lebih cenderung mengikuti KIP.

Jokowi tampaknya sangat serius melakukan komunikasi politik kepada ormas Islam terbesar di Indonesia ini. Dan keberhasilan beliau menjadikan KIP sebagai jubir akan sangat memerkuat posisinya bukan saja dikalangan NU tetapi juga utuk voters keum perempuan secara umum.

Bravo Jokowi dan KIP!!


Baca tautan ini:

http://www.tempo.co/read/news/2014/05/03/078575117/Jokowi-Tunjuk-Khofifah-Jadi-Jubir-Pilpres
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS