Saturday, July 19, 2014

MENGAPRESIASI HIMBAUAN POLRI JELANG 22 JULI

Mendekati hari H pengumuman pemenang Pilpres 2014, maka rakyat Indonesia semestinya mengapresiasi dan sungguh-2 menyimak himbauan Polri, agar semua pihak tidak terpengaruhi oleh informasi atau desas-desus akan adanya gangguan keamanan, apalagi kerusuhan pada saat dan setelah pengumuman KPU tentang pemenang Pilpres 2014. Rakyat sudah bisa mengikuti dan memantau secara gradual dan cukup sahih bagaimana proses hitung nyata (real count) yang dilakukan oleh KPU melalu berbagai media dan jejaring sosial.

Karena itu saya termasuk sepakat dengan pandangan bahwa pengerahan massa dari kedua kubu pasangan capres-cawapres tidak perlu diklakukan dengan mengatas namakan "mengawal dan melindungi KPU" atau sejenisnya. Saya kira aparat keamanan, khususnya Polri dibantu oleh TNI, komunitas intelijen, dll sudah lebih dari siap dan mampu melaksanakan tugasnya. Justru jika ada kehendak melakukan penyiapan dan pengerahan massa di sekitar KPU, maka setidaknya kesan bahwa Pilpres ini ada masalah, malah muncul.

Yang lebih baik adalah sikap menahan diri dan juga saling melakukan kesepakatan antara kedua kubu pendukung bahwa mereka akan membantu Polri menjaga suasana kondusif (http://nasional.kompas.com/read/2014/07/19/11041881/Besok.Relawan.Pasangan.Capres.Cawapres.Gelar.Deklarasi.Damai). Demikian pula, upaya Presiden SBY mempertemukan capres Jokowi dan Prabowo harus diapresiasi agar semakin mendukung suasana yang kondusif. Saya kira keberhasilan Pemerintah SBY dalam melaksanakan Pilpres sampai sejauh ini adalah suatu hal yang patut dipuji bukan hanya oleh bangsa Indonesia, tetapi juga dunia. Dan jika pada saat pengumuman tgl 22 Juli dan masa setelah itu juga tetap kondusif, hal itu makin memperlihatkan keberhasilan beliau menjaga dan mengembangkan demokrasi.

Kita tunggu hasil Pilpres dengan semangat persatuan. Kesinambungan dan dan kejayaan NKRI adalah tujuan kita bersama. 


Simak tautan ini:

http://nasional.kompas.com/read/2014/07/19/10581881/Polri.Jangan.Percaya.Isu.Rusuh.pada.22.Juli
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS