Saturday, July 5, 2014

PISOWANAN PASANGAN PRABOWO-HATTA KE PURI CIKEAS

Perhelatan nasional yg akan memilih pemimpin negara lima tahun ke depan tinggal 5 hari lagi, dan kesempatan kampanye Pilpres tinggal sehari sampai Sabtu (5/7/14). Pasangan Prabowo-Hatta (PH) memanfaatkan momentum ini untuk memberikan pesan (message) kepada rakyat bahwa pencapresannya mendapat restu dan dukungan, bukan hanya dari Partai demokrat (PD), tetapi juga dari Presiden SBY.

Strategi PH bertamu ke Puri Cikeas (PC), dengan membawa tim sukses dari parpol-2 pendukung, perlu dimaknai bhw inilah proses lanjutan dari dukungan resmi PD. Dan inilah yang saya katakan dalam status saya sebelumnya, bahwa Pak SBY secara pribadi kemungkinan akan "mengendorse" (mendukung) pasangan No. 1 tsb. Secara eksplisit, memang Presiden tidak menyatakan terus terang bahwa beliau meemberikan endorsementnya, tetapi nasihat kepada PH sebagai pasangan capres. Tetapi pesan dari 'pisowanan' ini secara keseluruhan kepada seluruh rakyat Indonesia saya kira lebih dari sekadar nasihat. Apalagi jika faktanya, hanya pasangan PH saja yang sowan ke PC. Pasangan No 2, Jokowi-JK (JJ) sangat kecil kemungkinan melakukan hal sama karena masa kampanye yang sudah mepet, dan tentu juga psikologi PDIP yang memang mengambil jarak baik dengan PD maupun Pak SBY.

Efektifkah move ini? Saya kira cukup efektif dan harus diperhitungkan oleh JJ. Posisi seorang Presiden, apalagi yg memiliki kharisma dan pengaruh sangat kuat seperti Pak SBY, akan dijadikan sebagai input oleh para 'swing voters' (pemilih yg masih bisa bergeser) dan 'undcideds' (pemilih yg belum menentukan pilihan). Sementara itu, bagi simpatisan PD dan juga mereka yang mendukung Pak SBY sebagai tokoh dan pemimpin, akan semakin kuat keyakinannya untuk memilih PH. Dalam masyarakat yang berbudaya patrimonial seperti Indonesia, pilihan sang pemimpin yang reputasinya baik seperti Pak SBY cenderung memiliki pengaruh yang akan diikuti rakyat di lapis bawah.

Pisowanan di PC ini adalah petunjuk yang melengkapi dukungan resmi PD kepada pasangan PH, dan hal tsb jelas merupakan sebuah modal sangat penting untuk mem-boosting elektabilitasnya pada hari-hari menjelang Pilpres. Bagi para pejabat di daerah, yg mayoritas adalah pendukung PH (sekitar 225 Kepala Daerah tk Propinsi dan Kab/Kota), pertemuan ini juga akan dibaca sama: yakni sebagai semacam pesan untuk memerkuat dukungan mereka kepada mantan Pangkostrad tersebut. Strategi PH dalam memperoleh endorsement Pak SBY adalah move yang hemat saya paling signifikan dari PH dalam masa kampanye ini dan memberikan comfortability yg tinggi kepadanya.


Simak tautan ini:

 
http://nasional.kompas.com/read/2014/07/04/22071391/Temui.SBY.Prabowo.Didoakan.agar.Niatnya.Jadi.Presiden.Terkabul.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS