Wednesday, November 12, 2014

PIDATO PRESIDEN JOKOWI YANG LUGAS DAN MENARIK DI BEIJING

Menyimak pidato Presiden Jokowi di luar negeri di depan para pengusaha Tiongkok, maka kesan kuat yang saya dapatkan adalah sikap lugas, terbuka, to the point, tetapi juga kritis di mana diperlukan. Beliau dengan sistematis dan jelas menunjukkan arah kebijakan nasional dalam Pemerintahannya terkait dengan bidang usaha dan kerjasama antara RI dan RRT. Karena berhadapan dengan kelompok pengusaha, maka formalitas yang sering muncul dalam bahasa formal dan diplomasi tidak penting. Yang terutama adalah, apa maunya Pemerintah Indonesia, apa tujuannya mendorong usaha, bidang apa saja yang terbuka, persoalan apa saja yang dihadapi dan tentu, yang paling penting, mengajak pengusaha dan Pemerintah RRT untuk bekerja sama utk kepentingan kedua negara dan bangsa.

Bagi pihak yang lebih suka dengan bahasa formal dan diplomatis, tetu gaya Presiden Jokowi beda dengan gaya mantan Presiden SBY sebelumnya, yg selalu lebih mengedepankan model komunikasi formal dan retorika menarik. namun saya kira, pidato Presiden Jokowi mencerminkan orientasi kepemimpinannya yg bersahaja dan beroientasi pada hasil. Dengan demikian ketika beliau harus mengritik pihak RRT pun, misalnya dalam soal kualitas yang dianggap masih kurang, Presiden Jokowi cukup lugas dan tidak mbulet, tetapi juga tidak menohok karena masalah tersebut memang diakui oleh banyak pihak yang bekerjasama dg RRT.

Saya kira pidato ini cukup efektif dan kontekstual. Saya tidak tahu apakah ini pidato dg teks atau tanpa teks. Yang jelas saya tidak heran mengapa Presiden Jokowi menjadi magnet tersendiri dalam pertemuan para pemimpin negara yang sedang bertemu dalam Forum APEC di ibukota Tiongkok, Beijing, itu.

Bravo Presiden Jokowi... way to go!!!!

Simak tautan ini:

http://politik.rmol.co/read/2014/11/10/179210/Inilah-Pidato-Jokowi-di-China-yang-Mendapat-Sambutan-Hangat-
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS