Sunday, April 19, 2015

PSSI DIBEKUKAN? KENAPA TIDAK!


Saya termasuk orang yang setuju dengan pembekuan PSSI, tetapi mungkin dengan alasan yang rada berbeda dg Kemenpora RI. Kalau Pemerintah, cq. Kemenpora membekukan organisasi persepakbolaan nasional itu karena dinyatakan tidak patuh aturan, maka saya ada tambahannya. Yaitu, bagi saya PSSI memang tidak lagi memiliki kredibilitas dan kemampuan memajukan persepakbolaan nasional, karena pengelola dan pengelolaan sepakbola di negeri ini yang sudah sangat buruk dan kritis. Pengurus PSSI sudah mirip pengurus parpol; mereka lebih sibuk bermain politik ketimbang mengurus sepakbola, yang perkembangannya semakin amburadul dan memalukan bangsa dan negara RI.

Saya bukan ahli bola dan ahli manajemen olah raga apapun, termasuk sepak bola. Jadi komentar saya ini merupakan aspirasi seorang warga negara yang prihatin dengan kondisi dan kualitas persepakbolaan nasional. Saya sudah lama mengusulkan agar PSSI dihentikan kiprahya (dibekukan), dan bahkan pernah usul kalau perlu ada moratorium beberapa tahun timnas sepakbola tidak mengikuti pertandingan internasional dan regional. PSSI sudah terlalu jeblog dan memalukan kalau ia dianggap masih sehat dan bisa bekerja dengan profesional utk membangun persepakbolaan kita. Fakta-2 bahwa beberapa kali ada KLB PSSI dan kini terjadi konflik dengan Kemenpora, hanya makin menguatkan dugaan saya betapa brengseknya organisasi yg dibiayai uang negara itu.

Persepakbolaan nasional tentu harus diselamatkan, tapi bukan PSSI nya yg sekarang. Sebab organisasi ini yg malah menjadi biang utama hancurnya persepakbolaan nasional. Untuk sementara, mendingan pengelolaan sepakbola nasional diambil alih sementara oleh Pemerintah atau tim yang ditunjuk Pemerintah yg mendapatkan penugasan utk menyelesaikan sengkarut pengelolaan sepakbola nasional dalam tempo tertentu. Kalau strategi kontinjensi seperti ini tdk diambil, dan Pemerintah masih mau kompromi dengan pengurus-2 PSSI yg ada saat ini, maka saya khawatir sampai kapanpun sepakbola Indonesia hanya akan menjadi bahan tertawaan di kancah regional dan internasional.

Sepakbola Indonesia, Yes! PSSI (yg seperti sekarang), No!

Simak tautan ini:

http://www.rmol.co/read/2015/04/19/199693/AS-Hikam:-Saya-Termasuk-Orang-yang-Setuju-PSSI-Dibekukan-.
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS