Friday, June 5, 2015

WOW!!!, DAHLAN ISKAN JADI TERSANGKA TIPIKOR

Berita yg saya baca di kompas.com ini benar-2 mengejutkan, walaupun sebenarnya saya sudah jarang terkejut dengan segala kejadian di Republik ini. Dahlan Iskan (DI), mantan Menteri BUMN era SBY, mantan Dirut PLN, dan raja media di negeri ini, ternyata kini menjadi tersangka kasus tipikor (tindak pidana korupsi) yg tidak tanggung-2: korupsi pembangunan 21 gardu listrik induk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 1,063 triliun. Wow!

Soal jumlah, tentu relatif, karena siapa tahu nanti juga ada yg masih bisa melebihi kasus yg melibatkan pemilik Grup Jawa Pos dan juga pemenang konvensi (audisi) Capres Partai Demokrat (PD) 2014 itu. Tetapi bahwa DI yg seringkali disubyo-subyo sebagai sosok milyarder tapi sederhana, berani, dan inovatif itu ternyata kini menjadi tersangka. Tentu saja masih panjang proses pembuktian kasus ini sehingga nanti bisa ampai di Pengadilan dan ada putusan yang inkracht apakah DI salah atau tidak. Bahkan status tersangka itupun kini sudah bisa digugat dlm praperadilan. Dan kalau nasib baik seperti para tersangka koruptor lain, bisa saja DI bebas dari status tersangka itu.

Apapun juga, ini adalah kabar yang akan berpotensi menjadi primadona dan akan menghebohkan ruang publik di negeri ini di hari-hari yad. Bukan saja DI adalah seorang yang popularitasnya cukup tinggi, tetapi yang paling penting adalah bahwa ia memiliki jejaring media di seluruh pelosok negeri yang tentu tidak akan membiarkan bossnya menjadi tersangka kasus tipikor. Dan karena media yang akan mendukungnya sangat besar dan massif, maka implikasinya juga akan sangat serius termasuk dalam perpolitikan. Pemerintah maupun masyarakat sipil tentu harus menyimaknya dengan seksama dan sungguh-sungguh, terutama apakah kasus ini akan "meluber" kemana-mana. Kalau kasus mantan Menteri ESDM, Jero Wacik (JW), saja sudah mulai menyentuh nama Pak SBY, apalagi kasus yg melibatkan kementerian BUMN dan DI.

Komentar saya utk sementara baru sampai di sini saja, karena terus terang keterkejutan saya masih cukup besar utk membuat analisis yg lebih jauh. Kita tunggu saja perkembangannya.

Simak tautan ini:



http://nasional.kompas.com/read/2015/06/05/16365951/Dahlan.Iskan.Ditetapkan.sebagai.Tersangka.oleh.Kejati.DKI?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwphttp://nasional.kompas.com/read/2015/06/05/16365951/Dahlan.Iskan.Ditetapkan.sebagai.Tersangka.oleh.Kejati.DKI?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS